Gunung Anak Krakatau Meletus, Keluarkan Asap Tebal Setinggi 500 Meter

TrubusNews
Astri Sofyanti
02 Des 2018   12:00 WIB

Komentar
Gunung Anak Krakatau Meletus, Keluarkan Asap Tebal Setinggi 500 Meter

Gunung Anak Krakatau. (Foto : Humas BNPB.)

Trubus.id -- Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, kembali mengeluarkan asap tebal hitam pekat setinggi 400 hingga 500 meter ke langit. Selain itu, Gunung Anak Krakatau mengalami kegempaan letusan tiga kali dengan amplitudo 58 mm yang berlangsung sekitar 61 hingga 82 detik pada Sabtu (1/12).

Hal ini diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Bandarlampung, Minggu (2/12). Berdasarkan pengamatan, visual gunung terlihat jelas, di mana asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi antara 50 hingga 100 meter di atas puncak kawah.

Baca Lainnya : Gunung Anak Krakatau Alami Kegempaan Letusan 281 Kali Sejak Semalam

Saat mengeluarkan letusan sebanyak tiga kali, terlihat asap hitam tebal setinggi 400 hingga 500 meter di atas puncak kawah. Pada Sabtu (1/12) malam, visual gunung berapi dapat dilihat langsung maupun dari CCTV.  Saat itu, teramati sinar api dan lontaran material pijar ke segala arah serta aliran lava pijar ke arah selatan.

Terdengar suara dentuman yang cukup besar, di mana getarannya dirasakan di Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau. Tidak heran jika kaca dan pintu di pos pengamatan ikut bergetar.

Saat ini, tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau ada di level II atau waspada. Maka dari itu, masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius dua kilometer dari kawah. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: