Cegah Produk Ilegal, Kementan Ciptakan Sistem Sertifikasi Berbasis Digital

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
30 Nov 2018   13:32

Komentar
Cegah Produk Ilegal, Kementan Ciptakan Sistem Sertifikasi Berbasis Digital

Kepala badan karantina pertanian Banun Harpini (Foto : Astri Sofyanti/ trubus.id)

Trubus.id -- Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) mengungkapkan, sampai saat ini pemerintah terus komitmen untuk melakukan inovasi untuk mendorong ekspor, termasuk dalam hal percepatan layanan sertifikat ekspor dan impor karantina. Terobosan kebijakan dan inovasi layanan karantina bakal terus didorong guna mengakselerasi ekspor produk pertanian ke mancanegara.

Kepala Badan Karantina Banun Harpini mengatakan, Badan Karantina terus berupaya menjaga dan memastikan seluruh produk-produk pertanian baik ekspor dan impor dijamin kesehatannya dan keasliannya.

Baca Lainnya: Dalam 4 Tahun, Kementan Sukses Tingkatkan SDM Pertanian Indonesia

"Jadi produk-produk ilegal yang tidak jelas asalnya tidak akan bisa lagi masuk karena kita akan menerapkan blank certificate," kata Banun saat ditemui di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (30/11).

Barantan menyatakan, Layanan Karantina berbasis elektronik merupakan bagian dari wujud kepedulian Barantan selaku anggota Organisasi Perlindungan Tumbuhan Internasional (OPTI) / International Plant Protection Convention (IPPC) yang telah menetapkan, sertifikat kesehatan tumbuhan secara elektronik (e-Phyto) segera dilakukan oleh negara anggota.

Baca Lainnya: Percepat Pembangunan Pertanian 2019, Kementan Siapkan Rp 1,9 Triliun

Lebih lanjut dikatakan Banun, manfaat dari penerapan sertifikat elektronik karantina untuk memfasilitasi perdagangan yang menjadi komitmen dalam perjanjian fasilitasi perdagangan. Lembaga pertanian mendorong agar petugas-petugas karantina berkelas dunia.

"Jadi baik kita ekspor atau impor semua sertifikatnya sudah elektronik yang dijamin oleh Badan Sandi Negara (Badan Siber Nasional)," tambahnya. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: