Koordinator Gempita Sulsel, Salurkan Benih Jagung Bantuan dari Kementan

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
30 Nov 2018   06:00

Komentar
Koordinator Gempita Sulsel, Salurkan Benih Jagung Bantuan dari Kementan

Penyaluran bantuan benih jagung dari Kementan dalam Program Gempita. (Foto : Doc/ Kementan RI)

Trubus.id -- Kementerian Pertanian (Kementan) melalui program Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita), terus mendorong terwujudnya swasembada jagung di Indonesia. Sebagai langkah nyata, penyaluran bantuan benih jagung hibrida pun terus dilakukan.

Kamis (29/11) kemarin, hal yang sama dilakukan di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Koordinator Sulawesi Selatan menggelar acara penyaluran Bantuan Benih jagung hibrida Kementerian Pertanian tahun 2018, di aula kompleks SKPD, Kabupaten Sidrap.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bupati Sidrap, Dinas Pertanian Provinsi, Dandim 1420 dan Kapolres Sidrap bersama ratusan ketua kelompok tani. Penyaluran bantuan benih senilai Rp8,7 miliar yang difasilitasi Kornas Gempita bersama Korwil , Andi Sukri Baharman dan Korda Gempita Sidrap, H. Ariyanto Wajeng.

Baca Lainnya : Hari Pahlawan, Petani Dianggap Sebagai Pahlawan Jagung

Dalam salah satu sesi acara ini dilangsungkan seremonial serah terima benih oleh bupati kepada 170 Kelompok tani jagung yang ada disidrap menandai musim tanam jagung yang akan berlangsung hingga Januari 2019. Dalam laporannya, Korwil Gempita Sulsel,  Andi Sukri Baharman menyebutkan, bantuan benih ini hadir berkat kerja cepat Kementan untuk mensejahterakan petani.

"Dalam waktu kurang sebulan, usulan CPCL kita sudah terealisasi dan siap distribusi bertepatan musim tanam jagung," terang Sukri. 

Sukri berharap, kegiatan ini penyaluran benih jagung ini menjadi awal kegiatan Gempita Sulsel umumnya dan Sidrap pada khususnya untuk mewujudkan swasembada jagung nasional.

Baca Lainnya : Mentan: Selain Surplus, Pemerintah Juga Berhasil Stop Impor 3,6 Juta Ton Jagung

Apalagi, memang sudah menjadi tugas pokok Korwil Gempita untuk melakukan regenerasi petani sesuai dengan amanat Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman yang ingin agar Gempita turut memajukan pertanian di Indonesia.

"Kita menargetkan, pemuda inilah yang akan mengawal bantuan pemerintah sekaligus melayani petani," tutur Sukri.

Senada dengan Sukri, Kornas Gempita, muh Riyada mengungkapkan, selain melakukan rekruitmen sejuta petani muda, peran Gempita juga sebagai pemuda mengawal keberlanjutan swasembada jagung.

"Kelompok tani pemuda kita bentuk untuk mengelola alsintan, melayani kebutuhan petani dan hidupkan lahan tidur pemerintah," tambahnya. 

Baca Lainnya : Pangkas Rantai Pasokan, Kementan Salurkan Bantuan Jagung Pakan untuk Peternak

Sementara itu, Bupati Sidrap, Ir. H. Dollah Mando dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi yang sangat tinggi kepada Menteri Pertanian atas bantuan benih yang tiba tepat pada waktu tanam jagung.

"Mentan Andi Amran Sulaiman telah merubah semua peraturan yang selama ini menghambat  produktifitas petani," tegasnya.

Untuk itu ia mengingatkan agar tidak ada yang berani mempermainkan benih bantuan Kementan. "Jangan sampai ada pungutan dan pengurangan jumlah bantuan, harus tepat sesuai usulan. Kami himbau Babinsa, Polres bersama Gempita dapat mengawal dan mengawasi dari tanam hingga panennya," ujarnya lagi. [RN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: