Atasi Bau Busuk, Kali Item Akan Ditanami Eceng Gondok?

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
29 Nov 2018   22:00

Komentar
Atasi Bau Busuk, Kali Item Akan Ditanami Eceng Gondok?

Kali Item, Kemayoran. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Berbagai upaya dilakukan pemerintah DKI Jakarta untuk menaturalisasi Kali Sentiong atau yang biasa disebut Kali Item di Jakarta Utara. Untuk menghilangkau baunya, saat Asian Games 2018 berlangsung beberapa waktu lalu, Kali Sentiong ditutupi kain waring.

Kini setelah perhelatan itu berlalu, pemerintah kembali mencari cara untuk menghilangkan bau di kali itu untuk selamanya. Salah satu cara yang akan ditempuh diantaranya adalah dengan menanami eceng gondok di aliran kali itu. 

Ide ini sendiri dicetuskan oleh Pemkot Jakarta Utara sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas air Kali Item yang bau. Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengamini jika penanaman eceng gondok di aliran sungai akan dimulai Kali Item.

Baca Lainnya : Anies Baswedan: Kain Waring di Kali Item Tidak Selesaikan Masalah Polusi Air

"Tadi sih mau coba di Kali Sentiong yang dibilang Kali Item, jadi kalau akar-akarnya menyedot racun-racun yang berbahaya di air, daunnya juga kan bagus buat pemandangan," kata Ali saat dikonfirmasi, Kamis (27/11) sore. 

Nantinya, bibit eceng gondok akan ditata agar tidak menjalar kemana-mana. Pihaknya juga menyediakan media tanam agar tumbuhan hijau ini tertata rapi. 

Ali telah memetakan wilayah mana saja yang akan ditanami eceng gondok. Hal ini tidak lepas untuk evaluasi kualitas air, baik sebelum diberikan eceng gondok maupun sesudah. 

"Yang pasti di titiknya itu ada semacam kotak mengapung dari kubus apung di beberapa spot, seperti pot air," ujar Ali.

Menurutnya, eceng gondok mempunyai kemampuan dalam menyerap kotoran-kotoran dalam air seperti racun serta berpengaruh positif bagi ekosistem. Bila kualitas air terbukti membaik dengan adanya eceng gondok, Ali tidak menutup kemungkinan konsep yang sama akan diterapkan di sungai-sungai lainnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) UPK Badan Air Jakarta Utara, Lambas Sigalingging mengatakan, ada plua minus dari penanaman eceng gondok di aliran sungai. 

Baca Lainnya : Hilangkan Bau Sementara, 4 Hari Sekali Kali Item Disemprot Cairan Mikroba

Menurut Lambas, akar tanaman yang mempunyai nama ilmiah eichhornia crassipes ini mampu mengangkat partikel (polutan). "Nah mungkin kalau ini kita pelihara di sana (Kali Item) bisa kayak begini, dia nyerap. Kan Kali Sentiong terkenal item ya," tutur Lambas.

Penanaman eceng gondok direncanakan dengan lebih dulu menempatkan pelampung sebagai sekat di permukaan Kali Sentiong. Bibit eceng gondok akan dimasukkan di area pelampung terpasang.

"Yang jelas salah satu usulan kita di Kali Sentiong, tapi saya belum tahu titiknya di mana," imbuh Lambas.[RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: