Bebaskan Raja Ampat dari Sampah Plastik, Bupati Lakukan Strategi Kekinian

TrubusNews
Karmin Winarta
29 Nov 2018   10:13 WIB

Komentar
Bebaskan Raja Ampat dari Sampah Plastik, Bupati Lakukan Strategi Kekinian

Raja Ampat (Foto : ANTARA FOTO/)

Keindahan Raja Ampat yang berada di Papua Barat memesona turis, tak hanya lokal namun juga internasional. Untuk menjaga keelokan destinasi wisata dunia ini, Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati melakukan terobosan strategi. Ia bersama masyarakat  mengkampanyekan penggunaan tumbler atau tempat minum isi ulang.

Tujuannya agar kebersihan dan keindahan laut Raja Ampat terjaga 

Baca Lainnya: Spot Wisata di Raja Ampat Ini Jadi Daya Tarik Utama Turis Asing

Menurutnya, dengan kampanye ini ia yakin  penggunaan botol plastik sekali pakai akan menurun. Ia optimis jika seluruh masyarakat Raja Ampat memakai tumbler secara otomatis sampah plastik pun akan menurun.

Ia juga mendorong para traveler yang berkunjung ke Raja Ampat juga memakai tumbler jika beraktivitas di perairan maupun pada destinasi-destinasi wisata setempat.

Baca Lainnya: Jaga Eksotisme Terumbu Karang, Nelayan Raja Ampat Dilarang Pakai Ini

"Para pemangku kepentingan pariwisata di Raja Ampat juga berkomitmen menjaga kebersihan laut sehingga Raja Ampat tetap lestari dan dapat dinikmati oleh generasi di masa yang akan datang, "ungkapnya Kamis (29/11).

Kepulauan Raja Ampat adalah rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam dunia yang tertarik dengan keindahan pemandangan bawah lautnya.

Beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu di selat Dampier (selat antara Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Tenggara dan Kepulauan Wayag.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan: