LIPI Beberkan Fungsi dan Manfaat Penting Terumbu Karang

TrubusNews
Astri Sofyanti
28 Nov 2018   18:00 WIB

Komentar
LIPI Beberkan Fungsi dan Manfaat Penting Terumbu Karang

Terumbu karang (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sebagai negara maritim Indonesia memiliki potensi pada bidang kelautan yang sangat besar. Terlebih sebagai negara kepulauan ekosistem terumbu karang memiliki peranan penting, tapi juga rentan terhadap perubahan iklim. Berdasarkan citra satelit luasam terumbu karang di Indonesia mencapai 2,5 juta hektar.

Ekosistem terumbu karang juga memiliki banyak peranan, baik dari segi ekologi dan sosial ekonomi. Jika dilihat dari segi ekologi, terumbu karang merupakan habitat bagi banyak biota laut yang merupakan sumber keanekaragaman hayati. Selain itu, terumbu karang juga mampu meningkatkan produktivitas perikanan.

Baca Lainnya: Tikus Ternyata Berperan pada Hancurnya Terumbu Karang, Kok Bisa?

"Terumbu karang juga berperan melindungi pantai dari gempuran ombak hingga ancaman abrasi," kata Peneliti dari Oseaografi Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) Giyanto saat ditemui di Graha Widya LIPI, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (28/11).

Sementara itu dari segi sosial ekonomi, terumbu karang mampu meningkatkan pendapatan masyarakat pesisir baik dari hasil perikanan maupun dari sektor pariwisata.

Status terumbu karang dalam kategori sangat baik di Indonesia hanya 6,56 persen dengan jumlah 70 site, yang buruk persentasinya 36,18 persen dengan jumlah 386 site. Kategori buruk dari terumbu karang tersebut diakibatkan oleh kondisi alam atau perubahan iklim global.

Baca Lainnya: LIPI Ungkap Kondisi Terkini Terumbu Karang Indonesia, Seperti Apa?

"Secara umum kerusakan terjadi karena perubahan iklim global. Kerusakan bisa terjadi karena alam dan atropogenik. Untuk alam contohnya gempa bumi atau tsunami seperti di Laut Banda, populasi pemangsa polikarang yang tinggi, serta perubahan iklim global," papar Giyanto.

Salah satu upaya untuk menjaga kelestarian terumbu karang adalah dengan membuat kawasan konservasi perairan. Tujuan kawasan konservasi ini adalah untuk melestarikan, melindungi dan memanfaatkan fungsi ekosistem sebagai habitat penyangga kehidupan biota perairan, baik saat ini hingga masa yang akan datang.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jagung Provit Alternatif Bahan Pangan Sehat

Inovasi   28 Sep 2020 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan: