Pemuda Bawa 7 Ekor Merak dari Malaysia, BBKSDA Riau Langsung Menyita

TrubusNews
M Syukur | Followers 0
28 Nov 2018   11:30

Komentar
Pemuda Bawa 7 Ekor Merak dari Malaysia, BBKSDA Riau Langsung Menyita

7 burung merak yang disita (Foto : M Syukur)

Trubus.id -- Warga perantauan dari Riau yang baru saja pulang dari Malaysia harus merelakan tujuh ekor burung merak yang dibawanya dari negeri jiran itu. Satwa dilindungi itu langsung disita Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Menurut Kepala Bidang I BBKSDA Riau Mulyo Hutomo, merak itu sudah berada di kandang transit BBKSDA di Kota Pekanbaru. Satwa berbulu indah di bagian ekornya itu dijemput dari Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir.

"Kemarin dijemput, saya yang langsung membawanya ke Pekanbaru," kata Hutomo, Rabu (28/11/2018) pagi.

Hutomo menyebutkan, tujuh merak itu awalnya disita Balai Karantina Kelas I Pekanbaru di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, dari warga yang baru saja pulang.

Baca Lainnya: BKSDA Maluku Amankan 63 Burung Nuri Merah yang Hendak Diselundupkan 

"Burung merak itu diperoleh warga dari Malaysia. Mereka beli dari sana dan dibawa ke Indonesia. Berhubung di negara kita merak termasuk jenis dilindungi akhirnya disita," kata Hutomo.

Hutomo menyebutkan, secara geografis Kecamatan Kateman berbatasan langsung dengan negeri jiran Malaysia serta Singapura. Di negeri jiran itu merak masih diperjualbelikan secara bebas.

"Sekarang masih didalami apakah ada unsur pidananya," katanya.

Baca Lainnya: BKSDA Sumbar Lepasliarkan 15 Ekor Burung Dilindungi

Dengan kejadian ini, Hutomo menyebut BBKSDA bakal meningkatkan patroli di wilayah pesisir itu. Dia tidak ingin satwa dilindungi bebas keluar ataupun masuk ke Indonesia secara ilegal.

Hutomo mejelaskan, ketujuh ekor burung merak itu terdiri dari lima ekor dewasa dan dua ekor anakan. Seluruhnya dalam kondisi sehat setelah sampel darah dan air liur diperiksa.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: