BNPB Tegaskan, Tidak Ada Fenomena Likuifaksi di Lokasi Longsor Kalisari

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
27 Nov 2018   22:00

Komentar
BNPB Tegaskan, Tidak Ada Fenomena Likuifaksi di Lokasi Longsor Kalisari

Kondisi wilayah yang terdampak longsor di Kalisari, Jakarta Timur. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Bencana tanah longsor melanda Perumahan Pesona Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin (26/11) kemarin. Bencana diketahui terjadi akibat intensitas hujan yang cukup tinggi di beberapa wilayah di DKI Jakarta belakangan ini.  Salah satu rumah yang terdampak peristiwa ini adalah rumah milik Ketua RT 07 RW 05, Syarifudin.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, berdasarkan pengamatan lembaganya, kawasan tersebut memang masuk salah satu zona rawan longsor.

Baca Lainnya : Tanah Longsor di Ancol, Ini Solusi Gubernur Anies Baswedan 

"Iya lokasi itu rawan longsor. Lerengnya rawan longsor dan berkembang jadi permukiman," kata Sutopo kepada wartawan di Jakarta, Selasa (27/11).

Lebih lanjut ia menegasan, kawasan Kalisari yang terjadi longsor tidak akan mengalami likuifaksi atau peristiwa amblesnya tanah kehilangan kekuatan menahan beban. "Tidak ada likuifaksi," tegas Sutopo.

Baca Lainnya : Pemerintah Siapkan Anggaran Bencana Banjir dan Tanah Longsor Saat Musim Hujan

Menurut analisanya, tanah di kawasan tersebut memang tidak kokoh saat dijadikan permukiman warga. Untuk itu, ia menyebut, seharusnya saat diputuskan untuk dibangun sebagai perumahan, maka fondasi tanah harus diperkuat.

Meski demikian Sutopo menekankan, untuk menghindari longsor, masyarakat dan pemerintah harus memperkuat dasar atau lapisan tanah di wilayah-wilayah rawan terjadi longsor.

"Lereng harus diperkuat konstruksinya," imbuh Sutopo. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: