Pascagempa dan Likuifaksi, Akses Jalan dari Sigi ke Palu Mulai Bisa Dilalui

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
27 Nov 2018   17:30

Komentar
Pascagempa dan Likuifaksi, Akses Jalan dari Sigi ke Palu Mulai Bisa Dilalui

Bencana likuifaksi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Usai diguncang gempa dan likuifaksi 28 September 2018 lalu, akses jalan di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah lumpuh total. Bahkan sejumlah akses jalan terputus akibat bencana mengerikan tersebut.

sejak bencana terjadi, Kabupaten Sigi terus melakukan pembenahan. Terbukti, mulai Selasa (27/11) hari ini, akses jalan di wilayah tersebut mulai bisa dilalui kendaraan.

Kondisi jalan sepanjang dua kilometer yang menghubungkan Desa Jono Oge ke Desa Sidera, Kecamatan Sigibiromaru, yang putus total akibat likuifaksi membuat tanah turun sekitar lima meter.

Baca Lainnya : 3 Titik di Palu yang Terdampak Fenomena Likuifaksi Tak Akan jadi Hunian Lagi

Asisten II dan mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sigi, Iskandar Nontji mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sigi menargetkan jalan sudah bisa dilewati kendaraan dalam waktu satu minggu ke depan.

“Untuk sementara waktu, kendaraan roda dua mulai bisa melintas. Kendaraan roda empat belum diperbolehkan melintas karena di bawah tanah masih terdapat lumpur,” ujar Iskandar di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (27/11).

Hal ini menurutnya jika kendaraan roda empat diizinkan melintas, badan jalan dikhawatirkan ambruk kembali dalam lumpur.

“Nanti setelah jalan selesai diperbaiki dan dinyatakan aman untuk dilalui mobil, barulah diizinkan,” sambungnya.

Untuk menjaga agar kendaraan roda empat tak melintas, sejumlah petugas diturunkan di lokasi.

Baca Lainnya : Akses Jalan ke Sigi Terhambat, Berikut Jadwal Buka-Tutup Jalur

“Jadi kalau ada mobil yang ingin menerobos bisa langsung kita cegat. Ini semata-mata demi keselamatan,” ungkapnya kembali.

Sementara jalan yang menghubungkan Desa Jono Oge dengan Desa Sidera tersebut merupakan jalur utama yang menghubungkan Palu, Ibukota Sulawesi Tengah dengan Dataran Palolo, Kabupaten Sigi, dan Dataran Napu di Kabupaten Poso.

Selama jalan itu putus karena diterjang bencana alam gempa dan likuifaksi, arus lalu lintas kendaraan roda dua maupun empat terpaksa dialihkan melewati jalur Pombewe dan Dolo. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: