Cuaca Buruk Ancam Warga Jogja 4 Hari Kedepan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
27 Nov 2018   08:22

Komentar
Cuaca Buruk Ancam Warga Jogja 4 Hari Kedepan

Hujan deras disertai angin kencang (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- an Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk yang memicu terbentuknya wilayah pertemuan angin (konvergensi) di sepenjang Pulau Jawa. BMKG memprediksi cuaca ektrem tersebut akan terjadi selama empat hari ke depan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Stasiun Klimatologi Mlati BMKG Jogjakarta Agus Sudaryatno. Ia menyatakan masyarakat harus mewaspadai potensi genangan, banjir, hingga longsor saat hujan terutama di daerah-daerah rawan banjir dan longsor.

“Berdasarkan pemantauan dan analisis dinamika atmosfer-lautan terkini sirkulasi angin tertutup di Laut Jawa yang cukup persisten hingga tiga hari ke depan dapat mengakibatkan terbentuknya daerah konvergensi di sepanjang Jawa,â€Â ucapnya melalui siaran resminya di Jogjakarta, Selasa (27/11).

Lebih lanjut, Agus mengatakan, aliran massa udara basah yang masuk dari Samudera Hindia ke wilayah Jawa mendukung pertumbuhan awan hujan.

Kondisi ini memicu pertumbuhan awan konvektif yang berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di sejumlah wilayah Jogjakarta.

BMKG juga melaporkan, wilayah yang berisiko menghadapi cuaca ekstrem meliputi Kalibawang, Samigaluh, Girimulyo, dan Nanggulan di Kulonprogo; serta Turi, Cangkringan, Pakem, Tempel, Sleman, Minggir, Seyegan, Mlati, Ngaglik, Ngemplak, Depok, Kalasan, Prambanan di Sleman.

Daerah Nglipar, Ngawen, Gedangsari, Patuk, Semin di Gunung Kidul; Piyungan, Banguntapan, dan Kasihan di Bantul; serta Kota Yogyakarta juga menghadapi potensi cuaca ekstrem.

Untuk itu, Agus mengimbau warga Jogjakarta mulai meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi terjadinya bencana.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: