Perhutanan Sosial 2019 Baru Tergarap 17 Persen dari Target

TrubusNews
Binsar Marulitua
26 Nov 2018   20:00 WIB

Komentar
Perhutanan Sosial 2019 Baru Tergarap 17 Persen dari Target

Perhutanan sosial (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan pemerintah akan  mempercepat pelaksanaan program Perhutanan Sosial untuk mempercepat target 2019. Dari 12,7 juta hektare sampai pada 2019, baru selesai terealisasi seluas 2,17 juta hektare. 

"Kami akan membentuk Project Management Office (PMO) yang bertugas untuk mempercepat pelaksanaan program Perhutanan Sosial,” kata Darmin.

Darmin menuturkan pentingnya lahan yang dikelola dengan sistem klaster. Sebab, lahan yang dikelola secara berkelompok dengan satu jenis komoditas unggulan tertentu dapat meningkatkan skala ekonomi.

Baca Lainnya: Ini Dia Strategi KLHK Untuk Percepatan Perhutanan Sosial

“Satu klaster bisa saja terdiri dari dua atau tiga desa, tergantung dari luas lahan yang ada serta jumlah petani yang tinggal di desa tersebut. Dengan sistem klaster ini, kita akan mendorong terciptanya transformasi ekonomi desa dari ekonomi yang subsisten ke komersial,” kata Darmin.

Menurut Darmin, pemerintah merancang komposisi pemanfaatan lahan yang ideal sehingga dalam waktu yang bersamaan, petani dapat menanam jenis tanaman tahunan, seperti tanaman kopi dan karet, serta tanaman musiman, seperti nanas dan jagung.

Baca Lainnya: Tahun 2018, KLHK Targetkan Alokasi Dua Juta Hektare Perhutanan Sosial

“Untuk menjaga kecukupan pendapatan petani atau penggarap, pemerintah merancang komposisi bagi-hasil yang adil sehingga keuntungan hasil pengelolaan budidaya di lahan perhutanan sosial lebih dinikmati oleh petani,” kata Darmin.

Selain itu, kata Darmin, sebagai upaya penguatan pengembangan usaha dan peningkatan produktivitas areal perhutanan sosial di Sumatera Selatan, pemerintah memberikan bantuan enam unit motor angkut hasil produk hutan sosial, empat unit alat pengupas kopi, serta bibit karet untuk tahun tanam 2019.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tiga Desa di Kota Batu Terdampak Angin Kencang

Peristiwa   17 Nov 2019 - 17:06 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: