Durian Jadi Komoditas Utama Ekspor Malaysia ke China

TrubusNews
Diah Fauziah | Followers 0
26 Nov 2018   15:00

Komentar
Durian Jadi Komoditas Utama Ekspor Malaysia ke China

Durian musang king asal Malaysia. (Foto : South China Morning Post)

Trubus.id -- Durian menjadi komoditas utama Malaysia untuk memenuhi permintaan dari China. Tidak heran jika Malaysia berencana untuk mengembangkan ribuan hektar perkebunan durian untuk memenuhi target ekspor durian yang naik 50 persen pada tahun 2030.

Setelah ditanam di kebun keluarga dan pertanian skala kecil, siapa sangka jika buah ini menghasilkan devisa bagi Malaysia. Bahkan, para pengusaha di bidang minyak sawit, pertanian terbesar di Malaysia, ikut merambah bisnis durian.

"Industri durian berubah dari lokal menjadi global, pertanian skala besar karena permintaan dari China," kata Lim Chin Khee, konsultan industri durian.

Baca Lainnya : Ulang Tahun Pernikahan, Pasangan Ini Bagi-bagi 2.200 Kg Durian

Ia melanjutkan, "Sebelumnya, perkebunan durian di Malaysia hanya menjadi rekreasi bagi penggemar buah ini. Dan sekarang, berubah karena akan ada ratusan hektare perkebunan durian untuk memenuhi permintaan China."

Orang China membayar mahal untuk berbagai jenis durian dari Malaysia lantaran tekstur yang lembuh dan rasanya yang pahit manis. Harga durian musang king yang ditanam di seluruh wilayah Malaysia, mengalami kenaikan berkisar empat hingga lima kali lipat dalam lima tahun terakhir.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: