Banjir Bandang Lumpuhkan Dua Kecamatan di Banyuwangi

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
26 Nov 2018   12:29

Komentar
Banjir Bandang Lumpuhkan Dua Kecamatan di Banyuwangi

Lumpur akibat banjir bandang (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Luapan Sungai Badeng yang berada di Desa Alasmalang, Minggu (25/11) sore mengakibatkan banjir bandang disertai lumpur menerjang puluhan rumah di dua kecamatan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Eka Muharram di Banyuwangi, Senin (26/11) mengungkapkan, dua kecamatan yang dilanda banjir bandang meliputi Kecamatan Singojuruh dan Rogojampi.

Ada dua dusun di Desa Alasmalang yang terdampak banjir yakni Dusun Wonorekso sebanyak lima rumah dan Dusun Karangasem sebanyak 25 rumah dengan ketinggian air 20 sentimeter hingga 1 meter.

"Banjir tersebut tidak membawa material lumpur yang signifikan seperti beberapa waktu lalu yang lebih parah, namun persentase lumpur yang terbawa 30 persen, Untungnya banjir tidak sampai menggenang lama di rumah warga," terangnya.

Baca Lainnya: Banjir Bandang Terjang Banyuwangi Pustuskan Akses Jalur Menuju Jember

Selain di Singojuruh, banjir yang disertai lumpur juga menerjang Desa Bubuk dan Gladak di Kecamatan Rogojampi dengan jumlah rumah yang terdampak sebanyak 19 rumah baik kategori ringan, sedang, dan berat.

"Dua rumah di Desa Gladak roboh akibat rumah berada di sekitar sungai. Permukiman warga tersebut sebenarnya menyalahi aturan,” tegasnya.

Intensitas hujan deras mengguyur hampir merata di seluruh kecamatan di Banyuwangi beberapa hari belakangan ini juga mengakibatkan tanah longsor dan pohon tumbang yang menimpa penerangan jalan umum (PJU), serta pipa air minum yang rusak di Kecamatan Licin.

Baca Lainnya: Solok Dihantam Banjir Bandang dan Air Bah, Dua Warga Meregang Nyawa

"Kami juga mendapat laporan jalan di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran juga tergenang banjir, namun tidak sampai masuk ke rumah warga dan hanya menggenangi jalan menuju ke Pulau Merah," ujar Eka.

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat Banyuwangi tetap meningkatkan kewaspadaannya terhadap ancaman bencana banjir dan longsor karena musim hujan diprediksi masih berlangsung hingga Januari 2019.

Berdasarkan patauan petugas di lapangan, siang ini puluhan warga yang terdampak banjir bandang mulai membersihkan rumah hingga fasilitas umum yang dipenuhi lumpur dengan dibantu oleh personel BPBD, TNI, Polri hingga relawan.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Gempa Mag= 6.1 Guncang Jayapura, Papua

Karmin Winarta   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: