Emisi Gas Rumah Kaca di Ibukota Turun Selama Asian Games 2018

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
26 Nov 2018   09:00

Komentar
Emisi Gas Rumah Kaca di Ibukota Turun Selama Asian Games 2018

Kemacetan jalanan Jakarta (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca agar kelestarian lingkungan dan bumi terjaga. Salah satu upaya yang cukup sukses adalah melalui kebijakan ganjil-genap selama penyelenggaraan Asian Games 2018 di ibukota.

Kebijakan ganjil-genap selama Asian Games 2018 berlangsung berdampak positif terhadap penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang mencapai 715 ton CO2e.

Hal tersebut disampaikan Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Oswar Muadzin Mungkasa. Pihaknya mengatakan, keberhasilan tersebut juga didukung dengan aksi mitigasi.

Baca Lainnya: Menuju Target Penurunan 29% Gas Rumah Kaca, Pemerintah Godok Regulasi Pasar Karbon 

Hal ini membuat wilayah di ibukota terjadi efisiensi penggunaan energi misalnya di hotel, penggunaan listrik dari panel surya, penggantian lampu LED hemat energi, daur ulang sampah kertas dan kardus, serta pengomposan.

"Adanya dukungan aksi mitigasi dari penambahan operasional bus Transjakarta turun menyumbang penurunan GRK sebesar 512 ton CO2e," ucapnya di Jakarta melalui siaran pers resmi Pemprov DKI Jakarta.

Baca Lainnya: Pada 2030, Emisi Gas Rumah Kaca DKI Ditarget Turun 30 Persen

Lebih lanjut ia menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI telah berkomitmen dalam menurunkan emisi GRK dengan menetapkan Peraturan Gubernur Nomor 131 Tahun 2012 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi GRK. Ditargetkan pada tahun 2030 terjadi penurunan emisi GRK sebesar 30 persen.

"Pemprov DKI meluncurkan berbagai desain besar pembangunan, yang salah satunya adalah Grand Design Green Building yang meliputi efisiensi energi, air, dan reduksi emisi GRK," pungkasnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: