Jokowi Ajak Pecinta Alam dan Wisatawan Kembali Mendaki Rinjani

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
25 Nov 2018   12:00

Komentar
Jokowi Ajak  Pecinta Alam dan Wisatawan  Kembali Mendaki  Rinjani

Jalur pendakian via Aik Berik menyuguhkan pemandangan indah. (Foto : Rinjani National Park Indonesia)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak wisatawan dan pecinta alam untuk kembali  mendaki  Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kepala Negara meyakinkan bahwa pariwisata penunjang lainnya di Lombok sudah aman untuk dikunjungi. 

"Mari berwisata ke NTB, menikmati keindahan alam, air terjun, padang savana, di sepanjang jalan menuju Puncak Rinjani," ujar Jokowi dalam keterangan foto unggahannya di akun Instagram @Jokowi, Sabtu (24/11).

Baca Lainnya : Pascagempa Lombok, Terungkap Titik Longsor di 3 Jalur Pendakian Gunung Rinjani

Jokowi melihat kondisi NTB pasca-gempa sudah mulai pulih. Ia menyebut hal itu salah satunya ditandai dengan pembukaan jalur pendakian Gunung Rinjani untuk wisatawan via Aik Berik, Lombok Tengah.

"Perlahan tapi pasti, Nusa Tenggara Barat telah pulih setelah mengalami gempa besar beberapa waktu lalu," lanjut Jokowi.

Sementara, tiga jalur pendakian lainnya yaitu Timbanuh dan Sembalun di Lombok Timur dan Senaru di Lombok Utara masih ditutup untuk pendakian. Penutupan masih dilakukan karena jalur pendakian yang rusak berat akibat gempa bumi.

Baca Lainnya : Usai Diguncang Gempa 6,5 SR, Terjadi Longsor di Sejumlah Titik Gunung Rinjani

Awal pekan ini pihak Taman Nasional Gunung Rinjani telah membuka jalur pendakian Gunung Rinjani via Aik Berik. Hal tersebut setelah melalui beberapa kajian persyaratan dengan melibatkan banyak pihak sebagai dasar pertimbangan.

Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani, Sudiyono mengatakan hanya jalur Aik Berik yang layak, baik dari segi keamanan dan kebutuhan air bagi para pendaki. "Jalur pendakian di Aik Berik dibuka resmi hari ini dalam rangka menghilangkan dahaga pendaki pencinta Rinjani," kata Sudiyono, beberapa waktu lalu. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: