Musim Hujan Tiba, Demam Berdarah Mulai Mengancam Warga

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
23 Nov 2018   15:00

Komentar
Musim Hujan Tiba, Demam Berdarah Mulai Mengancam Warga

Nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah dengue. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memasuki Bulan November 2018 Indonesia mulai memasuki musim hujan. Datangnya musim hujan ini bisa menjadi ancaman bagi masyarakat. Hal ini terjadi karena saat musim hujan, masyarakat akan dihantui oleh penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pasalnya, ketika musim hujan tiba, biasanya serangan nyamuk Aedes aegypti akan semakin meningkat. Hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, Agus Sudrajat.

Baca Lainnya : Usai Australia, World Mosquito Berantas DBD di Jogja

Ia menyatakan, hingga November 2018 sudah ada dua orang yang meninggal dari 81 kasus DBD di Kota Yogyakarta. Angka ini, lebih sedikit dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yaitu 397 kasus dengan korban meninggal dua orang.

Meski demikian, masyarakat harus tetap mewaspadai adanya kemungkinan kenaikan kasus DBD akibat pertumbuhan nyamuk, terlebih pada awal masuknya musim penghujan seperti saat ini.

Dia menyebutkan, cara efektif yang bisa dilakukan adalah dengan menggalakkan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Cara ini diyakini ampuh memutus rantai perkembangan nyamuk Aedes aegypti yang menularkan penyakit DBD.

Baca Lainnya : Berantas DBD, Jogjakarta Gandeng Monash University

"Saya harapkan satu bulan setelah hujan pertama kali itu harus dilakukan pembersihan sarang nyamuk secara serentak. Itu hal yang sangat bagus menekan pertumbuhan nyamuk ini," kata Agus di Balai Kota Yogyakarta, Jumat (23/11).

Untuk itu, pihaknya mengimbau, jika sudah muncul tanda-tanda penyakit DBD ini, maka segera untuk memeriksakannya ke fasilitas kesehatan terdekat. Gejala yang muncul ketika seseorang terkena DBD yakni demam tinggi, mual, muntah, hingga sakit kepala yang cukup parah. [RN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: