Kekinian, Terobosan Baru Banjarmasin Kurangi Sampah Plastik

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
23 Nov 2018   13:30

Komentar
Kekinian, Terobosan Baru Banjarmasin Kurangi Sampah Plastik

Sampah, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah Kota Banjarmasin terus menekan laju pengurangan sampah plastik. Setelah tidak memanfaatkan kantong plastik untuk retail dan minimarket, terobosan lainnya adalah  gerakan membawa botol minum ke tempat kerja atau ke sekolah untuk mengurangi sampah plastik dari minuman kemasan sekali pakai.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, gerakan tersebut dilaksanakan sebagai upaya mengurangi sampah plastik secara masif di Kota Banjarmasin. Gerakan membawa botol minum atau "tumblr" kepada masyarakat tersebut, berhasil diterapkan oleh Wali Kota Bitung, yang telah berkomitmen untuk tidak memanfaatkan air dengan botol kemasan saat acara di pemerintahan.

"Jadi seluruh pegawai di Kota Bitung, wajib membawa botol minuman sendiri, pemerintah menyiapkan air minumnya. Begitu juga saat di acara-acara pemerintahan," katanya di Banjarmasin.

Baca Lainnya: Indonesia Melawan Gelombang Sampah Plastik, Sanggupkah

Dalam waktu yang tidak lama lagi, Pemkot akan membagikan seribu tumblr atau botol minum ke sekolah-sekolah, sehingga mereka bisa membawa bekal minum sendiri dari rumah.

Saat ini, tambah dia, Pemkot telah mengirimkan surat edarah kepada seluruh sekolah di Banjarmasin, agar kebijakan tersebut segera disosialisasikan ke siswa maupun orang tua. Kebijakan tersebut, juga telah disosialisasikan ke hotel-hotel, agar bisa mengurangi memanfaatkan air minum kemasan.

"Melalui gerakan tersebut, akan mampu mengurangi sampah plastik, baik yang dibuang ke perairan maupun di sekitar lingkungan,"tambahnya. 

Sebelumnya,  melakukan gerakan tidak memanfaatkan kantongan plastik untuk retail dan minimarket di seluruh Kota Banjarmasin, sukses mengurangi sampah plastik di TPA hingga 15 persen dan mencegah pemanfaatan kantong plastik hingga 54 juta lembar.

Gerakan tersebut, berhasil mendapatkan apresiasi dari Kementerian Keuangan, dengan memberikan insentif bagi Pemkot Banjarmasin hingga Rp9,5 miliar.

Baca Lainnya: Diet Kantong Plastik Bikin Produksi Tas Purun di Banjarmasin Meningkat

Dana tersebut, akan dimanfaatkan untuk peningkatan program kesehatan masyarakat, peningkatan anggaran pengelolaan sungai, yang dibagi ke beberapa dinas terkait.

Banjarmasin dinilai telah berhasil mengurangi sampah plastik, sejak tiga tahur terakhir, atau sejak diterapkanya Peraturan Wali Kota (Perwali) No. 18 tahun 2016 tentang pengurangan penggunaan kantongan plastik di retail maupun mini market.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: