Kementan Pastikan Indonesia Bebas Selada Romaine Mengandung E.coli

TrubusNews
Astri Sofyanti
23 Nov 2018   12:31 WIB

Komentar
Kementan Pastikan Indonesia Bebas Selada Romaine Mengandung E.coli

Sawi, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Karantina Pertanian memastikan Indonesia bebas dari bakteri Escherichia coli atau E.coli yang terkandung pada Selada Romaine. Selada yang mengandung bakteri E.coli kini tengah beredar di Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Banun Harpini. Ia mengatakan untuk mengantisipasinya, pihaknya menjamin bahwa jenis Selada Romaine tidak masuk dan beredar di tanahair.

"Saya telah menginstruksikan seluruh jajaran Karantina untuk memperketat pengawasan. Jika komoditas ini masuk dalam recognisi segera dilakukan tindakan penolakan," kata Banun melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (23/11).

Baca Lainnya: Mengenal Microgreens dan Potensi Nutrisinya untuk Tubuh 

Lebih lanjut dikatakan Banun, masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir akan ancaman bakteri mematikan yang ada dalam Selada Romaine. Terlebih Indonesia tidak membuka kebijakan impor selada baik dari Amerika maupun Kanada, karena komoditas Indonesia justru diekspor ke Singapura dan Malaysia.

Meski begitu, menurutnya, langkah antisipasi tetap akan dilakukan. Sebab menurutnya bisa saja masyarakat Indonesia ada yang traveling ke Amerika Serikat dan Kanada kemudian membawa oleh-oleh Selada Romaine dengan bakteri E.coli tersebut.

Baca Lainnya: Membongkar Praktik Jual Beli Sayuran Sampah

"Untuk mencegah masuknya Selada Romaine dari Amerika Serikat dan Kanada atau yang dibawa para traveler dari kedua negara tersebut, kami sudah siapkan petugas di semua pintu masuk Indonesia, dengan instruksi surat edar," tambahnya.

Untuk itu, Banun masyarakat diminta meningkatkan konsumsi buah dan sayur lokal ketimbang impor.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: