DKI Bangun 1.333 Sumur Resapan untuk Cegah Banjir, Efektifkah?

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
23 Nov 2018   09:30

Komentar
DKI Bangun 1.333 Sumur Resapan untuk Cegah Banjir, Efektifkah?

Tanah longsor di Ancol (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kini tengah menyiapkan sebanyak 1.333 sumur resapan (drainase vertikal).

Hal ini dikemukakan Kepala Bidang Geologi dan Air Tanah Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, Ricki Marojahan Mulia yang mengatakan, tujuan dibangunnya sumur resapan ini untuk menghilangkan genangan, konservasi air, dan juga penurunan muka tanah.

"Ke depannya kami rencanakan 1.333 sumur resapan atau drainase vertikal. Itu 1.300 itu untuk sumur dangkal, yaitu untuk menghilangkan genangan dan konservasi air," kata Ricki, di Jakarta, baru-baru ini.

Baca Lainnya:Banjir Segera Kepung Jakarta, Satgas Banjir Bersiaga 24 Jam 

Menrutnya, pembangunan sumur resapan ini dinilai mampu memasukkan air ke dalam gorong-gorong untuk mencegah penurunan muka tanah. Sehingga, kata dia, jika turun banjir akan diserap dalam drainase itu.

"Nanti memasukkan air ke dalam gorong-gorong untuk mencegah penurunan muka tanah," tambahnya.

Dikatakan Ricki, Pemprov DKI mulai membangun sumur resapan, pada akhir Januari 2019.

"Kita akan bangun kemungkinan di seluruh Jakarta, kecuali Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Karena Jakarta Utara itu muka air tanah sudah tinggi, jadi kita gali setengah meter sudah ada air," ujarnya.

Baca Lainnya: Ahli Tata Kota Ungkap 5 Cara Antisipasi Banjir Jakarta

Uji coba itu, kata dia telah dilakukan sejak September 2018. Setiap drainase vertikal memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Drainase vertikal itu dibangun sesuai dengan kebutuhan.

“Tergantung kebutuhan, kalau banjir 50 meter kubik itu kita bisa bangun 70 meter kubik,” tambahnya kembali.

Pihaknya menyebut akan membangun drainase vertikal itu di beberapa tempat yang sering tergenang banjir. Misalnya, drainase vertikal itu dibangun di daerah-daerah komunal, yang padat masyarakat.

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: