Jalan Sering Terendam Banjir 1 Meter, Warga Satu Kelurahan di Pekanbaru Terisolir

TrubusNews
M Syukur | Followers 0
22 Nov 2018   16:30

Komentar
Jalan Sering Terendam Banjir 1 Meter, Warga Satu Kelurahan di Pekanbaru Terisolir

Jalan yang terendam (Foto : M Syukur)

Trubus.id -- Sudah beberapa hari Kelurahan Ukai, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, terisolir karena luapan sungai di wilayah itu. Warga di sini terputus aksesnya keluar karena satu-satunya penghubung, Jalan Garingging terendam dengan kedalaman hingga 1 meter.

Selain menghubungkan ke pusat Kota Pekanbaru, jalan ini juga menjadi akses ke Perawang, Kabupaten Siak. Setiap kendaraan yang nekat melintasi dipastikan mogok karena bagian mesin dimasuki air.

Seorang warga, Arifin (47), ketika dikonfirmasi menyebut sudah bertahun-tahun jalan itu tidak diperbaiki karena rusak akibat banjir. Pemerintah setempat juga disebutnya tak berusaha meninggikan jalan itu agar tak tergenang luapan Sungai Ukai.

"Padahal jalan ini merupakan lintasan utama yang sering dilalui warga setempat. Kalau sudah banjir begini, semuanya terhambat," ujar Arifin, Kamis (22/11/2018).

Baca Lainnya: Banjir di Riau Meluas, Ribuan Hektar Padi di Kuansing Terendam

Dia menceritakan, jalan ini setiap banjir tiba tak hanya tergenang tapi juga berlumpur karena material tanah yang dibawa arus sungai. Lumpur ini lalu melunakkan sebagian aspal hingga tak berbentuk lagi.

Arifin menyebut, tak perlu hujan berhari-hari agar jalan ini digenangi air tapi cukup dua jam saja karena posisinya memang rendah. 

"Akibatnya tak sedikit kendaraan warga yang melintas terjebak kubangan lumpur," ucapnya.

Arifin berharap pemerintah setempat segera memperbaiki jalan tersebut sehingga aktivitas masyarakat berjalan lancar tanpa adanya gangguan jika hujan turun.

"Kami berharap ada solusi terbaik, setidaknya diperbaiki, diaspal atau ditinggikan," harap Arifin. 

Hal senada juga disampaikan, Masno terkait banjir yang menggenangi ruas Jalan Garingging. Dia menyebut situasi yang sudah tahunan berlangsung ini menghambat perekonomian masyarakat.

Baca Lainnya: Banjir Hingga 2 Meter, 275 Hektare Kebun dan Sawah Gagal Panen di Riau

"Distribusi bahan pokok sulit, warga juga sulit membawa keluar hasil pertanian," sebut Masno. 

Masno menyebut berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya kordinasi dengan aparat kelurahan Sungai Ukai. Janji pemerintah untuk mensupport warga sering terucap tapi tak kunjung direalisasikan.

"Lurah di sini mendukung aspirasi warga yang ingin menyampaikan ke pihak pemerintahan agar jalan ini hendaknya diperbaiki, ditimbun kembali. Sehingga masyarakat dapat kembali melakukan aktifvitas sehari-harinya," imbuh Masno. 

Sementara itu, Lurah Sungai Ukai Raja Mirzani dikonfirmasi belum memberi jawaban kepada wartawan. Beberapa kali dihubungi ke nomornya juga tidak ada jawaban.  

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: