Rekahan Kawah Semakin Lebar, Erupsi Gunung Merapi Bisa Mengarah ke Selatan

TrubusNews
Astri Sofyanti
21 Nov 2018   22:30 WIB

Komentar
Rekahan Kawah Semakin Lebar, Erupsi Gunung Merapi Bisa Mengarah ke Selatan

Retakan di Kawah Puncak Gunung Merapi Semakin Lebar. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Berdasarkan hasil pantauan Rabu (21/11), Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTG) Kementerian Energi dan Sumberdaya Manusia (ESDM), melaporkan Gunung Merapi dalam kondisi normal.

Meski begitu, berdasarkan pengamatan secara visual, kubah Gunung teraktif di Indonesia yang memisahkan dua provinsi, Jawa Tengah dan Yogyakarta itu tertutup kabut. Hal tersebut diungkapkan oleh Cholik staf BPPTK Yogyakarta. Menurunya, kondisi Gunung Merapi saat ini dalam posisi landai.

Baca Lainnya : Kubah Lava Baru Muncul di Puncak Gunung Merapi, Pertanda Apa?

"Untuk merapi saat ini aktivitas landai. Visual kubah saat ini berkabut," kata Cholik kepada wartawan di Yogyakarta, Rabu (21/11).

Semantara itu, kondisi kubah lava Gunung Merapi saat ini dalam keadaan stabil dengan laju pertumbuhan yang masih relatif rendah.

"Untuk update info tekrini bisa pantau di timeline Twitter BPPTKG," paparnya.

Sementara itu, berdasarkan hasil foto yang diambil petugas pos pemantau Gunung Merapi, Selo, Boyolali, Jainu, terlihat jelas kondisi Gunung Merapi. Di mana, rekahan yang dihasilkan dari erupsi Gunung Merapi terlihat jelas sangat lebar.

Baca Lainnya : Material Kubah Gunung Merapi Tumbuh 4.500 Meter Kubik per Hari

Lebih lanjut dikatakan Jainu, foto terbaru kondisi Gunung Merapi itu diambil dari depan rumahnya di Kemalang, Klaten, yang berjarak 5,7 kilometer dari puncak gunung.

Melihat rekahan Gunung Merapi yang sangat lebar tersebut, Jainu memperkirakan bila Erupsi Gunung Merapi kembali terjadi seperti Erupsi besar pada 2010, maka arah erupsi mengarah ke selatan, Cangkringan Kaligendol dan Klaten ke arah Kaliworo.

"Melihat kondisi rekahan mengarah ke selatan, Cangkringan Kaligendol, Klaten kaliworo," tutupnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Tahun 2019

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:47 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: