40 Hari Sebelum Mati, Lovebird Legendaris Kusumo Sudah Pamit pada Majikannya

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
21 Nov 2018   21:00

Komentar
40 Hari Sebelum Mati, Lovebird Legendaris Kusumo Sudah Pamit pada Majikannya

Sigit WMP bersama lovebird Kusumo. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Nama lovebird Kusumo di ajang lomba burung berkicau nusantara sudah cukup melegenda. Burung lovebird besutan Sigit WMP itu memang cukup terkenal karena prestasinya yang sudah tidak diragukan lagi.

Namun kini, kicau mania sudah tidak lagi bisa menikmati durasi kicau Kusumo yang terkenal merdu dan berdurasi panjang itu. Yah, Senin (19/11) sekitar pukul 1.43 WIB, Kusumo telah pergi untuk selamanya.

Kabar matinya Kusumo sendiri langsung membuat gempar para pecinta burung kicau yang mengidolakannya. Banyak yang ragu kalau Kusumo benar-benar sudah tiada. Namun kabar kematian Kusumo akhirnya dijawab Sigit WMP lewat unggahan di akun youtube miliknya. Video itu diberi judul Sigitwmp & KUSUMO Never Ending (RIP Kusumo 19/11/18 01:43), Rabu (21/11) pagi.

Baca Lainnya : Ciri-ciri Burung Lovebird Bermental Petarung dan Cara Memilihnya

Dalam video tersebut pada intinya Sigit WMP membenarkan kalau Kusumo kini telah tiada. Kusumo kini sudah tidak bisa menemani dirinya dan kru untuk silaturahmi ke kicau mania, khususnya penggemar lovebir kicau.

"Kusumo sekarang saya umumkan kepada teman-teman kicau semua bahwa kusumo tanggal 19 november jam 1.43 malem pamitan ke saya kalau udah nggak bisa nemenin saya dan kru untuk silaturahmi ke temen-temen khususnya untuk kicauan lovebird," terang Sigit dalam video live streamingnya. 

Ia menjelaskan, sebelumnya Kusumo tidak sakit. Namun demikian, 40 hari sebelum Kusumo mati, Sigit mengaku sudah merasakan tanda-tanda kepergiannya karena ikatan batin antara dirinya dan Kusumo. Karena itu, Kusumo sempat dikeluarkan dari kandang ternak dan dimasukan ke kandang hariannya agar lebih leluasa bernyanyi.

"Kusumo sehat walafiat dan karena kedekatan saya. Kenapa dikeluarkan dari kandang ternak karena untuk bersuara lagi. Karena ada keterikatan batin
istilahnya kaya ada pamitan," terang Sigit lagi.

Baca Lainnya : Mengintip Rahasia Perawatan Chelsi, Burung Lovebird Jawara Seharga Rp30 Juta

Menanggapi keputusan Sigit yang enggan melepas Kusumo saat tawaran berdatangan, Sigit mengatakan kalau ikatan batin antara mereka yang membuatnya enggan menerima tawaran itu. 

"Kusumo sudah jadi bagian dari keluarga saya," terang Sigit lirih.

Lovebird Kusumo memang punya banyak cerita dikalangan pecinta lovebird sebab prestasinya. Oleh sebab itu Lovebird Kusumo ini pernah ditawar dengan nilai yang tak tanggung-tanggung. Lovebird Kusumo konon pernah ditawar hingga 2,2 miliar tetapi tak dilepas oleh pemiliknya.

Kusumo ini memang sangat luar biasa sekali saat perlombaan. Kusumo memiliki durasi ngekek atau berkicau yang sangat panjang. Rata-rata hingga 60 detik ke atas. Bahkan si kusumo ini pernah terpantau oleh pemiliknya ngekek sampai 3 menit lebih tanpa putus sama sekali.

Suara ngekek Kusumo sendiri sebenarnya tidak terlalu keras, tetapi pelan dan perlahan terus ngekek sampai durasi yang panjang. Suara dan gaya kekean lovebird Kusumo hampir mirip seperti suara belalang kekek ( jawa ) yang tidak terlalu keras tapi panjang tanpa henti.

Baca Lainnya : Tips Menyiapkan Lovebird untuk Ikut Lomba Burung

Namun Kusumo menjadi juara bukan karena sedang bernasib mujur saja. Burung ini memang sengaja dirawat secara intensif agar bisa mencapai gelar sang juara sejati. Bagi anda yang ingin memiliki lovebird seperti kusumo, rawatlah lovebird kalian seperti perawatannya Sigit WMP pada Kusumo.

Menurut info yang didapat, perawatan Kusumo meliputi pemberian pakan yang sehat dan banyak vitamin, serta dimandikan dengan sistem air hujan pada malam hari. Tidak ketinggalan Kusumo rutin diembunkan setiap pagi agar bisa menikmati udara pagi nan sejuk. 

Selain itu Kusumo juga rutin mandi pagi dan berjemur dalam keadaan sangkar di letakkan di bawah, bukan di gantang. Hal ini dilakukan mungkin agar Kusumo semakin jinak kepada majikannya. Karena saat pertama Sigit WMP memiliki Kusumo, burung ini masih dalam keadaan liar, dalam artian masih takut sama orang.

Kusumo sendiri awalnya didapat di pasar setempat oleh Sigit WMP. Dengan pelatihan yang tepat dan rutin, Sigit bisa menyulap lovebird kusumo ini menjadi petarung hebat yang tidak terkalahkan hingga melegenda. [RN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Jumlah Komodo di TNK Tinggal 2.800 Ekor

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan: