Harga Beli dari Petani Masih Rendah, Serapan Beras Bulog Belum Optimal

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
20 Nov 2018   21:00

Komentar
Harga Beli dari Petani Masih Rendah, Serapan Beras Bulog Belum Optimal

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Upaya penyerapan beras petani oleh Perum Bulog dinilai masih belum optimal. Hal itu disampaikan Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Pusat Serikat Petani Indonesia (DPP SPI), Agus Ruli, belum lama ini. 

Dalam keterangan pers yang diterbitkan Selasa (20/11), Agus mengatakan, minimnya penyerapan beras terjadi karena harga beli dari Bulog dinilai masih rendah dibandingkan harga di lapangan.

Baca Lainnya : Mentan Minta Bulog Tingkatkan Serapan Beras Petani Lokal

"Kita prediksi di akhir tahun ini atau awal tahun, diperkirakan akan kurang juga karena panen kita tidak maksimal," terang Agus.

Karena itu, Agus berharap Bulog bisa memberikan harga yang lebih layak pada para petani. Tak hanya itu, petani juga harus mendapat insentif serta dukungan. 

Agus menyebut, Bulog juga harus segera menyiapkan gudang penampungan dan pengeringan beras dari petani. Upaya ini berguna agar beras petani kualitasnya terjaga dan bisa tahan lama jika disimpan.

Baca Lainnya : Harga Beras di Tingkat Petani Sudah Tinggi, Target Serapan Bulog jadi Rendah

Sementara itu, sebelumnya peneliti Institute For Development of Economic and Finance (Indef), Ahmad Heri Firdaus juga mengatakan hal senada. Ia menjelaskan, Bulog seharusnya lebih antisipasif terhadap kenaikan harga beras.

Beberapa daerah seperti di Riau bahkan telah menyatakan mengalami defisit beras. Padahal di sisi lain stok beras di gudang Bulog melimpah ruah hingga 2,5 ton.

"Harus diantisipasi. Buat pemetaan di tiap daerah. Kan banyak gudangnya Bulog, bisa dipantau dari tiap gudang di daerah masih aman atau tidak," terang Ahmad Heri Firdaus. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: