Viral, Oknum Diduga Petugas Kapal PT Pelni Buang Sampah di Laut Banda

TrubusNews
Syahroni
20 Nov 2018   14:00 WIB

Komentar
Viral, Oknum Diduga Petugas Kapal PT Pelni Buang Sampah di Laut Banda

Ilustrasi (Foto : greeners)

Trubus.id -- Kapal penumpang milik PT Pelni kembali jadi sorotan. Hal ini terjadi usai sebuah video menjadi viral di dunia maya. Dalam video yang diunggah pemilik akun twitter @wawanmangile itu, tampak seorang oknum yang diduga petugas kapal, membuang sampah di tengah lautan.

Dalam video itu terlihat jelas saat oknum petugas kapal tersebut membuang tiga kantong sampah ke laut. Dalam video juga terdengar imbauan petugas kapal kepada penumpang untuk membuang sampah ke tempat yang telah disediakan seperti tong sampah. 

Pemilik akun twitter @wawanmangile menyebutkan, ia berani mengunggah video tersebut usai mengonfirmasi Yusuf, temannya yang pertama kali mengunggah video tersebut di akun facebooknya. Ia mengatakan, Yusuf sendiri yang mengambil video tersebut pada tanggal 16 November silam. 

"Saya upload setelah tekonfirmasi bahwa video ini jelas lokasi kejadian dan nama kapalnya. 19 November saya tweet setelah memperoleh info kejadian lengkapnya," tutur pemilik akun yang bernama Awaludinnoer Ahmad, seperti dikutip dari KompasTravel, Senin (19/11). 

Awal menambahkan, saat kejadian, Yusuf tengah berlayar bersama KM Nggapulu dari Kaimana tujuan Banda. Kejadian tak terpuji itu sendiri terjadi tepatnya pada saat kapal melewati perairan Banda, pukul 10.30 WIT. 

"Waktu itu saya re-upload dari FB Yusuf, karena yang Yusuf (pengambil video) tidak ada respon. Saya upload biar kejadian ini tidak terulang lagi," tuturnya.

Menanggapi cuitan Awal, melalui akun Instagram resminya PT. Pelni, @pelni162 mengatakan hal tersebut masih dalam proses investigasi. Pihaknya tidak pernah memperbolehkan sampah dibuang ke laut, karena sudah ada SOP pengelolaan sampah.

"Selamat siang #TemanPelni perihal permasalahan tersebut sedang dalam proses investigasi dan PT Pelni tidak pernah memperbolehkan sampah dibuang ke laut dan sudah ada SOP untuk pengelolaan sampah di atas kapal. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis akun Instagram resmi PT Pelni.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero), Ridwan Mandaliko menambahkan, pihaknya saat ini tengah melakukan investigasi lebih lanjut terkait insiden tersebut. 

"Perihal permasalahan tersebut sedang dalam proses investigasi, dan PT Pelni (Persero) tidak pernah memperbolehkan sampah dibuang ke laut dan sudah ada SOP untuk pengelolaan sampah di atas kapal," tuturnya seperti dikutip KompasTravel. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: