Demak Siap Penuhi Kebutuhan Bawang Merah Saat Natal dan Tahun Baru 2019

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
16 Nov 2018   22:30

Komentar
Demak Siap Penuhi Kebutuhan Bawang Merah Saat Natal dan Tahun Baru 2019

Sentra bawang merah di Demak siap penuhi kebutuhan Natal dan Tahun Baru 2019. (Foto : Doc/ Kementan RI)

Trubus.id -- Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) selalu berupaya mejaga ketersediaan, pasokan dan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional. Hal yang sama juga dilakukan ketika akan menghadapi Natal dan Tahun Baru dalam waktu dekat ini.

Salah satu komoditas yang jadi perhatian Kementan adalah bawang merah. untuk itu, Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan langsung melakukan pendampingan dan pengawalan di sentra utama bawang merah yang tersebar di 14 kabupaten sebagai penyangga Jabodetabek.

“Sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, kami memastikan pasokan bawang merah untuk Jabodetabek menghadapi Natal dan Tahun Baru lebih dari cukup,” demikian diungkapkan Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi di Jakarta, Jumat (16/11).

Baca Lainnya : Kontrak Ekspor Bawang Merah di Tapin Jadi Kado Amran di Hari Pangan Sedunia ke-38

Dia menyebutkan kebutuhan bawang merah untuk Jabodetabek untuk periode November 2018 hingga Januari 2019 sekitar 24 ribu ton atau 8 ribu ton per bulan. Sebanyak 14 sentra besar seperti Brebes, Cirebon, Demak, Nganjuk, Bina hingga Solok siap memasok kebutuhan tersebut.

“Rata-rata produksi di 14 sentra tersebut mencapai 68 ribu ton per bulannya. Bulan Januari nanti puncaknya panen raya. Selain Jabodetabek kita pastikan pasokan untuk daerah lain juga aman terkendali,” sebut Suwandi.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: