Hari Kedua, Harimau yang Masuk Pasar masih Meringkuk di Sela-sela Ruko

TrubusNews
Karmin Winarta
15 Nov 2018   19:00 WIB

Komentar
Hari Kedua, Harimau yang Masuk Pasar masih Meringkuk di Sela-sela Ruko

harimau (Foto : Paul M)

Trubus.id -- Sudah dua hari Harimau Sumatera yang masuk ke pasar di Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir, terjebak di sela-sela rumah toko (ruko). Harimau itu dikabarkan sempat lepas, lalu berkeliaran di kolong bangunan berbentuk panggung.

Hanya saja, satwa bernama latin Panthera Tigris Sumatrae itu kembali masuk ke sela ruko karena kerumunan warga. Selain itu, ada juga jaring serta pembatas dadakan yang dibuat pihak kecamatan, Polsek dan TNI, agar harimau tak kabur membahayakan warga.

Menurut Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Dian Indriati, belum bisa dievakuasinya hariamau itu karena tim yang dikirim belum sampai ke lokasi. Jarak jauh dan sulitnya medan menuju pasar menjadi kendala utama.

Baca Lainnya: Harimau Yang Terjebak di Pasar Akan Dicarikan Hunian Baru

"Tak hanya darat, ke lokasi juga harus memakai transportasi air. Jalur utama ke sana juga putus," sebut Dian, Kamis (15/11/2018) siang.

Dian menyebutkan, seharusnya tim sampai malam tadi. Namun, speed boat yang biasa digunakan melintas ke Pulau Burung tidak beroperasi pada petang harinya. Tim akhirnya memutar haluan hingga sampai ke Tembilahan, ibu kota Kabupaten Indragiri Hilir.

"Jarak tempuhnya harus bertambah lagi, baru sampai ke lokasi harimau terjerat itu," kata Dian.

Sebelum sampai ke lokasi, BBKSDA di Pekanbaru terus menjalin komunikasi dengan pihak kecamatan untuk memastikan keadaan harimau. Tim juga harus memastikan tidak ada masyarakat mendekat karena ditakutkan menimbulkan reaksi dari harimau.

Baca Lainnya: Gempar, Harimau Masuk pasar di Pulau Burung, Riau 

"Masyarakat juga diminta menjauh, biarkan pihak berwenang menangani situasi di lokasi," tegas Dian. 

Sebelumnya, harimau masuk ke pasar itu dikabarkan terjadi pukul 10.00 WIB kemarin. Melihat kerumunan orang di pasar, harimau ini lalu sembunyi di bawah ruko berbentuk panggung dan terjebak di sela-sela dua bangunan.

Adapun BBKSDA mengirimkan dua tim ke lokasi. Satunya bertugas menjaga agar masyarakat menjauh, sementara tim kedua bertugas menangkap dengan melibatkan petugas medis dari BBKSDA.  

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: