Sampah Menggunung, 4 Perumahan di Bogor Terancam Tenggelam

TrubusNews
Karmin Winarta
15 Nov 2018   10:45 WIB

Komentar
Sampah Menggunung, 4 Perumahan di Bogor Terancam Tenggelam

Tumpukan sampah yang menggunung (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Musim hujan, bencana banjir mengancam di berbagai wilayah, salah satunya adalah perumahan yang ada di bantaran kali. Empat kompleks perumahan di bantaran sungai Cikeas, Bogor, dan Kali Bekasi (Jawa Barat) berpotensi  dilanda banjir apabila penumpukan  sampah di bendung Koja tidak segera diatasi.

Kompleks perumahan yang berpotensi banjir itu adalah Vila Nusa Indah 3 (Bogor),  Vila Mahkota Pesona (Bogor), Puri Nusaphala (Bekasi), dan Perumahan Mandosi (Bekasi).

Menurut Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C), untuk mengantisipasi ancaman banjir di empat lokasi perumahan tersebut, sejumlah komponen masyarakat telah bergerak melakukan gerakan bersih sampah di bendung Koja pada Rabu (14/11/18).

"Bendung Koja terletak di Kecamatan Jatiasih,  Bekasi (Jawa Barat). Namun sampah yang menumpuk di bendung tersebut juga mengancam perumahan yang ada sebelum bendung Koja, khususnya di empat perumahan itu," ujar Puarman, Rabu (14/11/2018) di lokasi pembersihan.

Untuk itu, di bawah Koordinasi KP2C, gerakan bersih sampah di bendung Koja digelar. Komponen yang terlibat berasal dari unsur KP2C, Pemerintah Desa  Bojongkulur, Tim Penanggulangan Bencana Desa (TPBDes) Bojongkulur, Polsek Gunung Putri, Tagana Bojongkulur, Karang Taruna Bojongkulur, penjaga bendung, Tagana Bojongkulur, dan masyarakat sekitar. 

"Melalui gerakan bersih sampah di bendung Koja diharapkan banjir tidak akan melanda perumahan di bantaran sungai Cikeas sepanjang musim hujan ini," jelas Puarman.

"Sore ini tumpukan sampah sudah diatasi. Sedikitnya terkumpul sebanyak empat truk. Kini aliran sungai lancar kembali," tambah Puarman.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, beberapa hari belakangan tumpukan sampah mulai menggunung di bendung Koja. Akibatnya, aliran air sungai menjadi terhambat. 

Bila kondisi ini didiamkan, sejumlah perumahan yang ada di bantaran sungai Cikeas berpotensi banjir bila hulu sungai hujan lebat. "Untuk itu kami segera turun membersihkan sampah di situ," ujar Puarman. 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

7 Pesan Jokowi kepada Kabinet Indonesia Maju

Peristiwa   23 Okt 2019 - 17:58 WIB
Bagikan: