Gempar, Harimau Masuk pasar di Pulau Burung, Riau  

TrubusNews
Karmin Winarta
15 Nov 2018   10:15 WIB

Komentar
Gempar, Harimau Masuk pasar di Pulau Burung, Riau  

Harimau (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Warga di Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir, dibuat heboh oleh seekor Harimau Sumatera yang masuk ke sebuah pasar di daerah itu. Harimau itu lalu masuk ke sela-sela dua rumah toko (Ruko) dan terperangkap di dalamnya.

Menurut Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono, sejak terperangkap satwa belang itu menjadi tontonan warga sekitar. Banyak warga yang penasaran melihat langsung bentuk dari satwa yang hampir punah itu.

"Laporan terjebaknya masuk ke kami pukul 10.00 WIB, masih di sana sampai sekarang harimaunya," kata Suharyono, Rabu (14/11/2018) petang.

Untuk mengevakuasi harimau ini, BBKSDA sudah mengirim dua tim ke lokasi. Tim pertama berangkat dari Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu karena lokasinya terbilang dekat dengan Kabupaten Indragiri Hilir.

Baca Lainnya: 6 Harimau Diduga Berkeliaran di Dekat Pemukiman Warga Kampar, Riau

"Sebelum tim pertama sampai di lokasi, kami sudah koordinasi dengan pihak kecamatan dan Polsek setempat," sebut Suharyono.

Koordinasi ini berjalan dengan baik. TNI, Polri serta pihak kecamatan sudah melokalisir keberadaan satwa itu. Di antara dinding sela-sela dua ruko dibuat jaring dan kayu agar harimau tidak keluar.

Menurut Suharyono, tim pertama tidak dilengkapi dengan bius. Makanya dikirim tim kedua dari Kota Pekanbaru yang berisi petugas medis dan membawa bius untuk langkah evakuasi.

Baca Lainnya: Lagi, Harimau Sumatera Teror Warga Teluk Nibung, Riau

"Tim pertama terdiri dari lima orang, tim kedua jumlahnya lebih dan ada membawa bius," kata Suharyono.

Sebelum dua tim itu sampai di lokasi, Suharyono menyebut pihak kecamatan serta TNI dan Polri sudah melakukan sosialisasi. Masyarakat ditenangkan agar tidak berbuat anarkis terhadap satwa yang terancam punah itu.

"Diharap tidak ada korban, baik dari masyarakat ataupun satwa. Kami berterimakasih koordinasi ini berjalan baik," sebut Suharyono. (M Syukur)

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: