Klungkung Diguncang Gempa M=5,3, BMKG Pastikan Tak Berpotensi Tsunami

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
15 Nov 2018   09:12

Komentar
Klungkung Diguncang Gempa M=5,3, BMKG Pastikan Tak Berpotensi Tsunami

Bali (Foto : Harry Kessell)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa berkekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Kabupaten Klungkung, Bali, Kamis (15/11) sekitar pukul pukul 00.23 WIB. BMKG menegaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Pusat gempa di 78 kilometer barat daya Klungkung, Bali," tulis Badan Metereologi dan Geofisika di akun Twitternya, Kamis (15/11).

Pusat gempa berapa pada koordinat 9,59 LS dan 115,38 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 104 km arah selatan Kota Denpasar dengan kedalaman 38 kilometer.

Baca Lainnya: Pantai Bias Bali Terus Tergerus Abrasi

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi berkedalaman dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault). Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Tabanan, Karangasem, Kuta, Jimbaran, Denpasar, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Barat III-IV MMI, Gianyar, Klungkung, Nusa Dua, Legian, dan Sumbawa III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 01.50 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: