Banjir di Riau Meluas, Ribuan Hektar Padi di Kuansing Terendam

TrubusNews
M Syukur | Followers 0
14 Nov 2018   08:27

Komentar
Banjir di Riau Meluas, Ribuan Hektar Padi di Kuansing Terendam

Banjir di Kuansing (Foto : M Syukur)

Trubus.id -- Tak hanya di Kabupaten Indragiri Hulu ratusan hektar kebun gagal panen atau puso karena banjir. Hal serupa juga terjadi di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), bahkan jumlahnya sampai ribuan hektar karena direndam banjir hampir sebulan.

Berdasarkan pendataan dari Dinas Pertanian Kuansing, banjir musiman ini mengakibatkan 2.117 hektar sawah terendam sehingga padi yang ditanam dipastikan tidak bisa panen.

"Jumlah itu tersebar di tujuh kecamatan, sampai sekarang masih terendam juga," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kuantan Singingi Emmerson dihubungi dari Pekanbaru, Selasa (13/11/2018) petang.

Baca Lainnya: Banjir Hingga 2 Meter, 275 Hektare Kebun dan Sawah Gagal Panen di Riau

Padahal, tambah Emerson, petani sudah merencanakan panen akhir November nanti. Namun apa daya, banjir lebih duluan datang diluar perkiraan.

Tak hanya sawah, banjir karena luapan sungai Kuantan akibat hujan deras serta kiriman dari Sumatera Barat ini juga merendam ribuan hektar kebun karet dan sawit serta lahan palawija.

"Total lahan di luar sawah ada 3.646 hektare, itu kebun sawit dan karet, serta tanaman palawija," ucapnya.

Emerson menerangkan, banjir di Kuansing tahun ini merupakan yang paling parah. Tahun-tahun sebelumnya juga terjadi banjir tapi tidak sampai menggagalkan panen hingga ribuan hektar.

Baca Lainnya: Terdampak Banjir, Siswa 49 Sekolah di Kuansing Riau Diliburkan Sementara

Atas kejadian ini, pihak dinas akan berusaha menutupi kerugian petani dengan bantuan  benih padi agar ditanam lagi begitu banjir surut.

"Kami juga tengah menyurati Bupati Kuansing dan Pemerintah Provinsi Riau untuk membantu pengadaan benih padi kepada para petani yang gagal panen tahun ini," jelasnya. 

Dia menyebutkan, petani di Kuansing saat ini membutuhkan 49 ton lebih benih. Secara berangsur bantuan nantinya segera disalurkan begitu banjir usai.

"Kami masih mendata siapa-siapa saja para petani yang sawahnya terendam banjir," ujarnya. (M Syukur)

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Rumah Warga Aceh di Rusak Kawanan Gajah Liar

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: