Landasan Dikuasai Ribuan Burung, Bandara Adisutjipto Sempat Ditutup

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
11 Nov 2018   15:00

Komentar
Landasan Dikuasai Ribuan Burung, Bandara Adisutjipto Sempat Ditutup

Ribuan burung bangau putih dan cangak abu menginvasi bandara Adisutjipto. Yogyakarta, Minggu (11/11) pagi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Minggu (11/11) pagi, pemandangan tak lazim terlihat di landasan pacu bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Ribuan burung dari jenis bangau putih dan cangak abu tampak memenuhi landasan. Belakangan diketahui, kehadiran mereka di sana untuk mencari makan. Mereka memanggsa laron dan serangga lain yang memang cukup berlimpah saat musim hujan tiba.

"Pada pukul 05.00-06.30 WIB, ada banyak burung bangau putih dan cangak abu rata di sepanjang runway, jumlahnya sampai ribuan ekor," kata Airport Duty Manager Bandara Adisutjipto, Beny Ramadhan dalam keterangannya, Minggu (11/11).

Beny menambahkan, akibat kejadian tersebut ada 12 jadwal penerbangan yang terdampak. Penerbangan, baik yang mendarat atau hendak lepas landas dihentikan karena petugas harus mengusir burung-burung tersebut dari landasan pacu.

"Selama close ada 3 pesawat yang akan landing holding di air space, 8 pesawat akan take off holding di apron, dan 1 pesawat di taxiway dari pukul 5.03 baru bisa take off pukul 06.24," jelas Beny.

Pihak Bandara Adisutjipto sendiri mengerahkan sedikitnya 12 petugas dan 5 mobil khusus yang dilengkapi alat pengeras suara auman hewan predator dan suara tembakan senjata untuk mengusir burung-burung tersebut agar tidak mengganggu keamanan penerbangan. [RN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: