Waspada, Lima Hari Kedepan DIY Berpotensi Hujan Lebat

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
10 Nov 2018   19:00

Komentar
Waspada, Lima Hari Kedepan DIY Berpotensi Hujan Lebat

ilustrasi hujan (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Kepala Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta Agus Sudaryanto mengungkapkan selama lima hari ke depan (10-14 November) di beberapa wilayah DIY potensi berpotensi terjadi hujan lebat. Hal tersebut akibat dari adanya aktivitas aliran massa udara basah fenomena Madden Julian Oscilation (MJO) dari Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera yang menuju ke wilayah Indonesia terutama Jawa.

Fenomena MJO menyebabkan kondisi atmosfer wilayah tersebut sangat basah dan adanya konvergensi (pertemuan dan perlambatan kecepatan angin) di wilayah Jawa yang dapat memicu pertumbuhan awan konvektif

"Hal itu menyebabkan yang potensi terjadinya hujan intensitas lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang di beberapa wilayah DIY," ujar Agus, Sabtu (10/11).

Baca Lainnya : Waspada, Intensitas Hujan di Jakarta Meninggi, Ini Prakiraan Cuaca BMKG

Adapun beberapa wilayah di DIY yang berpotensi hujan lebat adalah Kabupaten Kulonprogo (Kalibawang, Samigaluh, Girimulyo, Kokap, Nanggulan), Kabupaten Sleman (Turi, Cangkringan, Pakem, Tempel, Sleman, Ngaglik, Ngemplak, Seyegan, Minggir), Kabupaten Gunungkidul (Semin, Ngawen, Gedangsari, Patuk, Girisubo, Tepus, Tanjungsari, Saptosari, Panggang), Kabupaten Bantul (Kretek, Pundong, Imogiri, Dlingo), dan Kota Yogyakarta.

Melihat potensi cuaca ekstrem ini, BMKG DIY mengeluarkan beberapa imbauan pada masyarakat, yaitu mewaspadai potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor.

Selain itu juga mewaspadai kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh, serta tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat atau petir. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: