Pemerintah Siapkan Anggaran Bencana Banjir dan Tanah Longsor Saat Musim Hujan

TrubusNews
Binsar Marulitua
10 Nov 2018   12:00 WIB

Komentar
Pemerintah Siapkan Anggaran Bencana Banjir dan Tanah Longsor Saat Musim Hujan

Bencana banjir (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, dalam menghadapi musim penghujan serta ancaman bencana banjir dan tanah longsor, pemerintah sudah siap menganggarkan untuk penanganan bencana tersebut.

"Ada dana siap pakai yang siap di Kemenkeu, terkait dengan dana untuk penanganan bencana itu pemerintah siap," kata Agus di Jakarta.

Lebih lanjut, dia mengatakan terkait penanganan bencana, sebenarnya bisa dicegah lewat penanganan yang tepat karena semua terkait dengan perilaku manusia kecuali gempa bumi.

Baca Lainnya : 59 Desa Terendam, Indragiri Hulu Berstatus Tanggap Darurat Banjir

"Misalnya kita bisa mencegah banjir dengan tidak merusak kawasan hutan, atau tidak membuang sampah sembarang yang bisa menyebabkan banjir," kata dia.

Sementara untuk mitigasi, Kemensos mempunyai program Kampung Siaga Bencana (KSB) yang memberdayakan masyarakat di daerah rawan bencana agar mereka siap siaga. Sebelumnya, sejumlah daerah telah mengalami banjir bandang dan tanah longsor akibat mulai meningkatnya intensitas hujan.

Salah satunya adalah banjir bandang dan tanah longsor di Jawa Barat. Terkait dengan bencana tersebut, Kemensos telah menyalurkan logistik tanggap darurat (bufferstock) berupa peralatan evakuasi, paket keluarga dan permakanan dari Gudang Pusat di Bekasi ke Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat. 

Bantuan logistik penanggulangan bencana untuk Kabupaten Tasikmalaya berupa beras 2.000 kg, tenda serbaguna keluarga 5 unit, tenda gulung 650 lembar, velbed 325 unit, kasur 300 unit, paket sandang 40 paket, selimut 20 lembar, family kit 250 paket, kids ware 250 paket, food ware 150 paket, makanan anak 350 paket, mie instan 6.000 bungkus, dan matras gulung 100 lembar. 

Baca Lainnya : Musim Hujan, Menteri PUPR Instruksikan Jajarannya Agar Siaga Potensi Banjir

Total bantuan logistik penanggulangan bencana untuk Kabupaten Tasikmalaya adalah Rp853.855.750. 

Sementara itu, terkait bencana banjir di Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat yang terjadi pada hari (Selasa, 6/11), Kemensos telah menyalurkan bantuan bagi korban banjir senilai Rp166,5 juta berupa tenda gulung 75 lembar, kasur 75 lembar, velbed 75 set, foodware 50 paket, family kit 50 paket, kid ware 50 paket, makanan anak 100 paket, dan mie instant 1.000 bungkus.

"Bukan hanya Tasikmalaya dan Cianjur yang kita tangani tapi juga daerah lain yang terdampak bencana seperti di Sumatera Barat, Mandailing Natal  Sumut dan daerah lainnya," ujar Mensos. [NN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: