Mengintip Persiapan Pemerintah, Mengantisipasi Banjir Saat Musim Hujan Tiba

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
09 Nov 2018   16:00

Komentar
Mengintip Persiapan Pemerintah, Mengantisipasi Banjir Saat Musim Hujan Tiba

Banjir yang melanda kawasan Cipinang, Jatinegara, Jakarta Timur tahun lalu. (Foto : Trubus.id/ Dedi Ramadhan)

Trubus.id -- Memasuki musim penghujan, semua wilayah di Indonesia, tidak terkecuali DKI Jakarta, kini tengah bersiap menghadapi bencana banjir. Intensitas hujan yang mulai meningkat, ditambah saluran drainase yang tersumbat, menjadi beberapa faktor yang memperbesar peluang datangnya bencana ini.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang didapat dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Hari menyebutkan, curah hujan tinggi (di atas 300mm) pada bulan ini akan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan bagian utara dan barat, serta sebagian besar wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sementara itu, sejumlah wilayah di Indonesia akan mulai memasuki puncak musim hujan pada November-Desember meliputi, Pulau Sumatera dan Kalimantan serta sebagian kecil Pulau Jawa dan Sulawesi. Dikatakan Hari, wilayah-wilayah yang akan memasuki puncak musim hujan pada Januari-Februari 2019, meliputi, sebagian besar Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Untuk itu, pemerintah dan masyarakat diharapkan untuk bersiap menghadapinya. Pemerintah sendiri sudah sepatutnya mulai melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi bencana yang bisa datang tiba-tiba ini. 

Belum lama ini saja, bencana akibat datangnya musim hujan dialami warga Tasikmalaya, Jawa Barat. Selasa (6/11) dinihari, banjir bandang tiba-tiba datang dan meluluhlantahkan 3 kecamatan di Kabupaten tersebut. Tak hanya merendam rumah dan infrastruktur seperti jembatan, banjir bandang juga sedikitnya merenggut 4 nyawa. Dilaporkan juga, 2 warga hingga kini masih dinyatakan hilang. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: