Kalbar Prediksi Capaian Padi Sebesar 1,6 Juta ton Sampai Akhir 2018

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
09 Nov 2018   06:00

Komentar
Kalbar Prediksi Capaian Padi Sebesar 1,6 Juta ton Sampai Akhir 2018

Padi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Barat (Kalbar), Heronimus Hero mengatakan, berdasarkan angka ramalan, produksi padi di daerah tersebut sampai  akhir 2018 diperkirakan mencapai 1,6 juta ton Gabah Kering Giling (GKG).

"Produksi yang ada berdasarkan perhitungan angka ramalan yang sudah dilakukan. Luas tanam padi kita yakni 608 ribu hektare," ujarnya di Pontianak, Kamis (8/11).

Ia menambahkan berdasarkan angka ramalan tersebut jika dibandingkan dengan 2017 lalu maka ada kenaikan sekitar 7 persen.

Hanya saja kata dia meski produksi padi naik namun provitas padi tahun ini turun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Saat ini kata dia provitas padi hanya 2,67 ton per hektare.

Baca Lainnya : Distan Bengkulu Bantah Bantuan Bibit Padi yang Dibagikan ke Petani Palsu

"Hal itu harus menjadi perhatian kita untuk diatasi kenapa kok provitas kita menurun. Harus segera cari solusi," katanya.

Dikatakannya, penurunan provitas padi paling signifikan terjadi di lumbung padi Kalbar yakni di daerah Kabupaten Sambas. Di Kabupaten Bengkayang juga mengalami hal demikian.

"Sedangkan yang terus naik provitasnya di Kabupaten Sintang. Kembali, cari solusi dan apa faktornya," lanjut dia.

Baca Lainnya : Jelang Musim Tanam, DIY Imbau Petani Gunakan Varietas Padi Tahan Air

Pihaknya saat ini terus mendorong pemerintah daerah di Kalbar untuk terus berkomitmen dan semangat dalam meningkatkan luas tanam padi, produktivitas dan provitas.

"Atas pencapaian yang sudah ada ini kami sangat mengapresiasi karena produksi kita meningkat. Namun saya ingatkan terhadap persoalan harus segara bersama kita atasi," ingatkannya.

Sementara itu sebagaimana rilis dari BPS yang mengacu pada Ketetapan Menteri ATR/Kepala BPN-RI No.399/Kep-23.3/X/2018 tanggal 8 Oktober 2018 maka luas tanam padi di Kalbar jauh berkurang. Berdasarakan data ketetapan ATR luas tanam di Kalbar hanya 155.818 hektare.

Atas hal tersebut Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar segera akan melayangkan surat klarifikasi kepada Kementerian Pertanian tentang luas tanam padi di Kalbar yang berkurang karena ada ketetapan Menteri ATR. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: