Kelapa Pandan Wangi Resmi Jadi Varietas Lokal Kalimantan Utara

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
08 Nov 2018   21:31

Komentar
Kelapa Pandan Wangi Resmi Jadi Varietas Lokal Kalimantan Utara

Kelapa pandan wangi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Pertanian menetapkan kelapa pandan wangi yang banyak tumbuh di Pulau Sebatik, Nunukan, menjadi salah satu varietas lokal asal Kalimantan Utara (Kaltara). Tak hanya di Pulau Sebatik, tanaman kelapa genjah ini juga sedang dikembangkan di sejumlah daerah maupun negara di Asia Tenggara.

Dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara, Andi Santiaji Pananrangi, kelapa pandan wangi terdaftar di registrasi Kementerian Pertanian dengan nomor varietas lokal 250/PV/2018.

Sebelumnya, tim Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (P2VTP2) Kementerian Pertanian, sudah melakukan survei dan pengambilan sampel buah kelapa yang akan dikembangkan menjadi produk unggulan.

Baca Lainnya : Asyik, Tanam Kelapa Entok, 3 Tahun Sudah Berbuah

Bahkan, tim yang dipimpin langsung Direktur Perlindungan Perkebunan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementan, turun langsung ke Pulau Sebatik.

“Setelah kita usulkan pada 13 Desember 2017 lalu, kelapa pandan wangi menjadi milik masyarakat. Telah mendapatkan tanda daftar varietas tanaman yang terdaftar di P2VTP2 dan tercatat sebagai tanaman khas dari Kaltara,” ujar Santiaji.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: