Air Waduk PLTA Koto Panjang Meninggi, 11 Desa Terancam

TrubusNews
M. Syukur | Followers 0
07 Nov 2018   14:30

Komentar
Air Waduk PLTA Koto Panjang Meninggi, 11 Desa Terancam

waduk PLTA Koto Panjang (Foto : M Syukur)

Trubus.id -- Tiga pintu pelepasan air di waduk PLTA Koto Panjang dibuka sejak beberapa hari lalu dengan ketinggian 30 centimeter per pintu. Meski demikian, elavasi waduk tidak berkurang melainkan bertambah karena kian tingginya jumlah air yang masuk ke waduk.

Menurut Manager Unit Layanan PLTA Koto Panjang Muhammad Rusdi, elavasi waduk menjelang siang Rabu (7/11/2018) terpantau 83.00 mDPL. Sementara sebelum dilakukan pintu pelimpahan air pada Minggu, 4 November 2018 berada pada 82,44 mDPL.

"Ada kenaikan elavasi 56 centimeter sejak pembukaan tiga pintu pelimpahan," kata Rusdi, Rabu siang.

Rabu pagi, tambah Rusdi, tiga pintu masih dibuka dengan ketinggian masing-masing 30 centimeter. Adapun total besaran outflow rata-rata per jam 500 m3/detik dengan rata-rata inflow rata-rata 600 m/detik.

"Dengan keadaan ini, kami memutuskan untuk menaikkan ketinggian pembukaan tiga pintu dari 30 centimeter menjadi 50 centimeter per pintu," sebut Rusdi.

Keputusan ini disebut Rusdi bakal menambah ketinggian air di Sungai Kampar, di mana saat pelepasan pertama sudah naik hingga 60 centimeter, lalu bertambah lagi dengan penambahan ketinggian ini.

"Diperkirakan naiknya menjadi bertambah lagi hingga 50 centimeter setelah pelepasan pertama," sebut Rusdi.

11 desa yang sebelumnya sudah diperingatkan saat pelepasan pintu pertama, dihimbau Rusdi lebih berhati-hati lagi dan meningkatkan kewaspadaan.

"Terutama masyarakat yang berada di bagian hilir," imbuh Rusdi.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: