Rawat Tumbuhan dan Satwa di Istana Kepresidenan, Kemensesneg Gandeng IPB

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
06 Nov 2018   22:30

Komentar
Rawat Tumbuhan dan Satwa di Istana Kepresidenan, Kemensesneg Gandeng IPB

Rusa bebas berkeliaran berkeliaran di Istana Bogor. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Istana Kepresidenan yang berada di Jakarta, Bogor, Cipanas, Yogyakarta dan Bali memiliki beragam koleksi tumbuhan dan satwa. Untuk merawatnya, kini Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dinilai memiliki kemampuan dalam hal itu.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan, ada sejumlah pohon dan satwa di beberapa Istana Kepresidenan. Semua itu tentunya harus bisa dikembangkan dan harus mendapat perawatan.

"Di dalam Istana-istana Kepresidenan terdapat hewan, baik itu kuda, saya baru mendengar, Pak. Kuda itu sekarang sudah berjumlah 21. Kalau nanti Sekretariat Presiden nggak punya dana bisa digadaikan, Pak, gadaikan dipinjam sebentar. Nah itu perlu kami rawat, istilahnya perlu kami ternakkan sehingga kemampuan ini adanya di IPB," ujar Heru usai menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) terkait penelitian hewan dengan IPB di Wisma Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (6/11).

Adapun kerja sama yang akan dilaksanakan nantinya meliputi revitalisasi lanskap dan pemeliharaan tanaman buah-buahan dengan Fakultas Pertanian, penataan hutan lindung, pengecekan bangunan-bangunan yang terdapat unsur kayu dengan Fakultas Kehutanan, nutrisi dan teknologi pakan satwa dengan Fakultas Peternakan serta pengelolaan sumber daya air dengan Fakultas Teknologi Pertanian.

Selain itu, ditandatangani MoU tentang pendidikan dan kedokteran hewan antara Kepala Istana Kepresidenan Cipanas Mustofa Alatas dan Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan IPB Prof Agus Setiono. Seusai penandatanganan MoU, pihak Istana mengapresiasi IPB karena memiliki ahli-ahli dalam flora dan fauna. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: