Siklus Migrasi, Kawanan Hiu Tutul Mulai Sambangi Perairan Probolinggo

TrubusNews
Syahroni
05 Nov 2018   20:00 WIB

Komentar
Siklus Migrasi, Kawanan Hiu Tutul Mulai Sambangi Perairan Probolinggo

Ikan hiu tutul atau whale shark (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Warga Probolinggo Jawa Timur kini bisa kembali dapat hiburan gratis. Yah, mereka kini bisa melihat kembali kawanan ikan hiu tutul di perairan Probolinggo. Migrasi kawanan ikan raksasa ini biasanya mencapai puncaknya di akhir November hingga Desember. Namun demikian, sudah beberapa hari belakangan, beberapa hiu tutul sudah nampak di perairan tersebut.

Tercatat, Senin (5/11) siang saja, sudah ada 2 hiu tutul yang terpantau muncul di Perairan Probolinggo, tepatnya di Perairan Pantai Desa Bayeman, Kecamatan Tongas. Petugas Sat Pol Air Polres Probolinggo yang menyaksikan muncunya hiu tutul memprediksi, panjang ikan itu ada yang berukuran 6 meter dan 8 meter. 

Baca Lainnya : Puluhan Hiu Tutul Muncul di Perairan Probolinggo

Di tempat terpisah, tepatnya di Perairan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, petugas Polair juga melihat sekitar 17 ekor hiu tutul atau whale shark berbagai ukuran, sedang mencari plankton, makanan kesukaannya.

Kasatpol Air Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno mengatakan, keberadaan kawanan hiu tutul sudah mulai muncul sejak beberapa pekan belakangan. Namun puncaknya diperkirakan baru akan terjadi akhir tahun nanti.

Biasanya kawanan hiu tutul itu keliling mulai perairan Kecamatan Tongas, menuju sekitar Perairan Pulau Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih. Hiu-hiu itu bermain di sekitaran Pantai Bentar, Kecamatan Gending sambil mencari plankton.

Baca Lainnya : Puluhan Hiu Tutul Kembali Sambangi di Perairan Pasuruan

"Kawanan Hiu Tutul ini untuk migrasi mas, biasanya mereka mencari plankton-plankton di laut untuk sumber makanannya. Biasanya banyak kemunculan hiu tutul, di akhir-akhir tahun mas. Utamanya di utara Pelabuhan Tanjung Tembaga, mereka bermain-main di sana," tambahnya.

Agar keberadaan hiu tutul ini tidak terganggu, petugas Sat Pol Air Polres Probolinggo berencana memperketat pengawasan di sepanjang Perairan Probolinggo. Pengunjung yang datang untuk melihat langsung ikan raksasa ini juga tidak akan luput dari pengawasan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jokowi Perintahkan Perkuat Ekonomi Desa di Tengah Pandemi

Peristiwa   25 Sep 2020 - 09:39 WIB
Bagikan:          
Bagikan: