Limbah Pasir Sisa Tambang Bisa Bikin Tanaman Jadi Subur

TrubusNews
Astri Sofyanti
05 Nov 2018   06:00 WIB

Komentar
Limbah Pasir Sisa Tambang Bisa Bikin Tanaman Jadi Subur

Pohon melon yang ditanam menggunakan limbah pasir sisa tambang. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Limbah pasir sisa tambang atau tailing, merupakan zat kotor yang dapat mencemari lingkungan. Namun, di balik bahaya limbah tersebut, tersimpan manfaat besar bagi tanaman pangan dan buah-buahan.

PT Freeport Indonesia melalui Pusat Penelitian Reklamasi dan Keanekaragaman Hayati mengolah limbah pasir sisa tambang untuk kesuburan tanaman pangan hingga buah-buahan.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah penanaman 900 pohon melon di atas lahan tailing seluas 400 m2 dengan sistem hidroponik. Hasilnya cukup bagus. Pada Oktober lalu, mampu menghasilkan 1,35 ton buah melon dalam sekali panen.

Baca Lainnya : Hasil Budidaya Hidroponik Dapat Diberi Label Organik, Kata Ahli

"Panen melon kali ini sangat bagus. Setiap pohonnya menghasilkan buah seberat 1,5 kilogram. Jadi, untuk panen buah melon, hasil tanam hidroponik saat ini mencapai 1,35 ton sekali panen," demikian disampaikan General Superintendent Reklamasi dan Keanekaragaman Hayati Dataran Rendah PT Freeport Indonesia, Roberth Sarwom melalui keterangan persnya di Jakarta, Minggu (4/11).

Menurut Robert, berbagai jenis tumbuhan yang ditanam di Pusat Penelitian Reklamasi dan Keanekaragaman Hayati PT Freeport Indonesia dikembangkan dengan teknik tanam hidroponik.

Salah satu metode budi daya tanaman media tanamnya bukan tanah, melainkan pasir. Biasanya, teknik menanam ini menggunakan media tanam air atau hidroponik. Bisa juga menggunakan media lain seperti sekam padi, kertas koran atau pasir tailing. Bahkan, banyak tanaman yang dapat tumbuh subur dengan menggunakan teknik menanam ini, walaupun ada juga yang tidak.

“Penanaman secara hidroponik mampu menghasilkan tanaman yang sehat karena tidak memerlukan pestisida. Dapat diproduksi kapan saja tanpa terganggu dengan kondisi iklim. Sebagian orang mungkin masih sangat asing dengan tanaman hidroponik, namun sebenarnya, sudah banyak orang yang menggunakan metode penanaman ini," tambah Roberth.

Baca Lainnya : Tanaman Herba Bisa Menyembuhkan Kanker?

Sementara itu, Manajer Senior Departemen Lingkungan PT Freeport Indonesia, Gesang Setyadi, menjelaskan bahwa pemanfaatan tailing sebagai media tanam merupakan bagian dari riset yang dilakukan Freeport Indonesia. Tujuannya agar masyarakat bisa bercocok tanah di lahan tailing pasca tambang.

"Kita berkomitmen agar keberadaan tailing bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh masyarakat, terutama di daerah-daerah yang terkena dampak langsung oleh kegiatan pertambangan,” papar Gaesang.

Karena itu, PT Freeport Indonesia mendirikan Pusat Penelitian Reklamasi dan Keanekaragaman Hayati. Salah satu tugasnya ialah meneliti pemanfaatan lahan bekas pengendapan dari tailing menjadi lahan yang produktif untuk kegiatan pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Pemerintah Miliki 20 Alat PCR Covid-19

Peristiwa   08 April 2020 - 14:34 WIB
Bagikan:          

Kabupaten Siak Panen Raya Padi Gogo Seluas 12 Hektare

Peristiwa   08 April 2020 - 12:55 WIB
Bagikan: