Lahan Sawit yang Miliki ISPO Masih Sedikit untuk Bersaing di Pasar Eropa

TrubusNews
Binsar Marulitua
02 Nov 2018   20:30 WIB

Komentar
Lahan Sawit yang Miliki ISPO Masih Sedikit untuk Bersaing di Pasar Eropa

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ M Syukur)

Trubus.id -- Kepala Sekreteriat sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) mengakui, jumlah lahan sawit yang telah memiliki sertifikat ISPO pada tahun 2017 sangat sedikit. Padahal, Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO) mulai diakui masyarakat pengguna minyak sawit di kawasan Eropa.

"Jumlah lahan sawit yang telah memiliki sertifikat ISPO pada 2017 dicantumkan sebesar 2,1 juta hektare. Sementara jumlah lahan yang memiliki sertifikat Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO) mencapai 2,51 juta hektare dan Malaysia Sustainable Palm Oil (MSPOl) sebesar 518.793 hektare," ujar Kepala Sekretariat ISPO, Azis Hidayat dalam konferensi internasional 14th Indonesia Palm Oil Conference (IPOC) & 2019 Outlook, di Nusa Dua, Bali,Jumat (02/11).

Baca Lainnya : Evaluasi 2,3 Juta Hektare Sawit Berujung Penundaan Izin Baru Usaha Perkebunan Selama 3 Tahun

Ia menjelaskan, jumlah pemilik ISPO relatif masih kecil dibandingkan total lahan kelapa sawit yang mencapai sekitar 14 juta hektare di Indonesia. Selain itu dari jumlah sertifikasi yang dikeluarkan pun terbilang sedikit. Azis menyebut sampai Oktober 2018 total entitas mendaftar sertifikasi ISPO baru 675 unit terdiri dari 663 perusahaan, tujuh petani plasma, dan lima petani swadaya. 

Baca Lainnya : Jokowi Instruksikan Menteri LHK Verifikasi Data Pelepasan Hutan untuk Perkebunan Kelapa sawit

“Sampai sat ini kami telah menerima 545 laporan audit, 508 sudah terverifikasi dan yang telah mendapat sertifikasi 413 terdiri dari 407 perusahaan, tiga petani plasma dan tiga petani swadaya,” katanya. 

Jumlah tersebut, masih sangat sedikit, kata dia, dibandingkan ribuan entitas yang terlibat dalam industri kelapa sawit nasional. Berdasarkan data Sekretariat ISPO, sejak mandatori ISPO pada 2011 hingga 30 Oktober 2018 baru 2,349 juta hektare lahan sawit yang tersertifikasi dengan total produksi minyak sawit mentah (CPO) mencapai 10,2 juta ton per tahun. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: