Kerugian Akibat Bencana di Sulteng Capai Rp15,29 Triliun dan Terus Bertambah

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
27 Okt 2018   16:00

Komentar
Kerugian Akibat Bencana di Sulteng Capai Rp15,29 Triliun dan Terus Bertambah

Kerusakan yang terjadi di Sulteng akibat gempa dan tsunami. (Foto : Trubus.id/ Thomas Aquinus)

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, total kerugian akibat gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala mencapai Rp15,29 triliun. Jumlah ini, masih dalam kalkulasi sementara dan diprediksi besar akan terus bertambah. 

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pihaknya masih melakukan penghitungan sementara jumlah data belum terhimpun lengkap. 

Baca Lainnya : Kerugian di Sektor Pertanian Akibat Gempa dan Tsunami Sulteng Mencapai Rp36 Miliar

"Kota Palu dengan total kerugian Rp7,6 triliun atau 50 persen dari total kerugian keseluruhan. Sementara di Kabupaten Sigi total kerugian Rp4,9 triliun, Kabupaten Donggala kerugiannya Rp2,1 triliun, dan Kabupaten Parigi Moutong Rp631 miliar," jelas Sutopo di Graha BNPB,  Jumat (26/10).

Sutopo menjelaskan, data perhitungan sementara kerugian adalah berdasarkan parameter kerusakan. Kerusakan yang dimaksud adalah dari sisi fisik aset. Sementara kerugian seperti arus ekonomi yang terganggu akibat bencana belum menjadi perhitungan. 

Baca Lainnya : Jokowi Janji Bayar Kerugian Toko yang Dijarah Korban Gempa

"Yaitu pendapatan hilang atau biaya bertambah pada lima sektor, yaitu sektor pemukiman, infrastruktur, ekonomi produktif, sosial budaya, dan lintas sektor," katanya.

Sutopo mengatakan, pihaknya memprediksi angka kerugian sementara itu masih terlalu kecil. Nilainya akan terus bertambah, seiring perhitungan kerugian dan kerusakan yang dialami di Palu dan sekitarnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: