Longsor Akibat Hujan Deras Membuat 4 Desa di Sigi Kembali Terisolir

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
27 Okt 2018   06:00

Komentar
Longsor Akibat Hujan Deras Membuat 4 Desa di Sigi  Kembali Terisolir

Ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Pasca gempa bumi menerjang Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, September 2018 lalu, empat kecamatan kembali terisolir. Penyebabnya, hujan deras yang turun menyebabkan longsoran material dari perbukitan yang membuat titik dan ruas jalan tertutup.

"Gempa bumi membuatnya tanahnya labil, dan membuat material batu tanah, kayu berlongsoran menutupi jalan. Sebelumnya akses jalan sudah terbuka kini kami harus bongkar kembali," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (26/10).

Baca Lainnya : Habis Gempa, Sulteng Diprediksi Banjir Bandang dan Longsor

Sutopo menjelaskan 4 wilayah yang terisolir tersebut adalah Lindu, Kolawi, Kolawi Selatan dan Titikor. Saat ini, tim evakuasi dann petugas setempat sedang melakukan pembersihan material yang menutup jalan. Untuk sementara, bantuan makanan dan kebutuhan mendesak lainnya didistribusikan menggunakan tiga helikopter.

Baca Lainnya : 101 Desa di Purbalingga Rawan Banjir dan Longsor Saat Musim Hujan

"Helikopter jenisnya  Mi-8. Dapat menampung bantuan hingga lima ton," tambah Sutopo. 

Gempa bumi bermagnitudo M 7,4 mengguncang Sulawesi Tengah, 28 September 2018 lalu yang menyebabkan rentetan bencana lainnya seperti tsunami setinggi 2,5 -11 meter dan likuifaksi. BNPB mencatat 2.081 orang tewas, 12.568 orang terluka, dan 214.925 orang mengungsi. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: