Mencetak Anjing Keluarga sebagai Senjata dalam Perang Melawan Narkoba

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
25 Okt 2018   21:15

Komentar
Mencetak Anjing Keluarga sebagai Senjata dalam Perang Melawan Narkoba

Melatih anjing keluarga untuk mendeteksi narkoba. (Foto : Trubus.id/ Syahroni)

Trubus.id -- Gelombang ancaman narkoba terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia begitu nyata. Bahkan Presiden RI, Joko Widodo telah menegaskan bahwa saat ini Indonesia sedang berada dalam kondisi darurat narkoba. Karenanya, semua elemen bangsa tidak boleh santai menghadapi kondisi ini. Semua masyarakat harus menyiapkan amunisi untuk melawan kejahatan narkoba, salah satunya dengan melatih anjing keluarga.

Dinamika bangsa Indonesia sejak masa kemerdekaan tak pernah lepas dari beragam persoalan dan tantangan. Dari sekian banyak persoalan yang ada, narkoba menjadi salah satu ancaman yang sangat nyata. Perlahan tapi pasti, narkoba telah membunuh bibit-bibit unggul bangsa Indonesia. Tak kurang dari 4 juta orang di negeri ini dalam usia produktif yaitu 10-59 tahun terkontaminasi narkoba.

Sementara itu, menurut hasil konferensi 172 negara di Wina beberapa waktu lalu yang dirilis Badan Narkotika Nasional (BNN) memberikan gambaran yang mengerikan, di mana 800 narkoba jenis baru atau New Psychoactive Substance (NPS) telah menyerbu dunia. Terhitung 71 jenis di antaranya sudah masuk ke Indonesia. 

Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN, Dunan Ismail Isja, saat menjadi narasumber dalam sebuah talkshow di Bandung, beberapa waktu silam menjelaskan, saat ini prevalensi penyalahguna narkoba mencapai 1,7% dari seluruh penduduk Indonesia atau sekitar 3,3 juta orang. 

Menurutnya, dalam upaya penanggulangan narkoba, BNN melancarkan strategi seperti hari ini melalui pencegahan. Sementara itu BNN juga gencar dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi.

Derasnya serangan narkoba ke negeri ini harus disikapi dengan serius, karena bukan tidak mungkin ada pihak lain yang ingin meruntuhkan martabat bangsa ini dengan cara imperialisme model baru. Karena telah menyerang segala lapisan masyarakat, strata sosial dan pendidikan bahkan segala profesi dan juga rentang usia. Mau tidak mau, suka tidak suka, seluruh elemen bangsa harus bergerak dan melawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Anjing keluarga dalam perang melawan narkoba

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: