Semarang Diprediksi Tenggelam, Ini Jawaban Walikota

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
25 Okt 2018   15:30

Komentar
Semarang Diprediksi Tenggelam, Ini Jawaban Walikota

Banjir rob (Foto : Antara)

Trubus.id -- Tingginya gelombang di perairan sekitar Semarang, Jawa Tengah kerap kali membuat wilayah tersebut diterjang banjir rob. Bahkan seorang Guru Besar Teknik Sipil Universitas Diponogero, Dr. Ir. Suripin M.Eng pernah menyatakan, Kota Semarang mengalami penurunan tanah yang signifikan karena menjadi langganan banjir rob. Bahkan ia menegaskan pada tahun 2019 sebagian kota Semarang diprediksi tenggelam.

Prediksi tersebut kemudian mengusik Walikota Semarang, Hendrar Prihadi angkat bicara. Hendi, sapaan akrab Walikota Semarang memaparkan sebuah data yang menunjukkan penanganan rob dan banjir di Kota Semarang sudah berjalan. Disebutkan dalam paparannya, bahwa wilayah rawan banjir di Kota Semarang telah berkurang dari yang semula pada tahun 2011 sebesar 41,02 persen berkurang menjadi sebesar 21,4 persen pada tahun 2017.

Baca Lainnya : Kawasan Pantura Terancam Banjir Rob Parah, Ini Penyebabnya

"Sejak tahun 2013 kami berusaha keras untuk menangani permasalahan banjir di wilayah Kota Semarang bagian tengah, salah satu buktinya adalah kawasan Kota Lama Semarang yang kini sudah tidak lagi menjadi langganan rob dan banjir,"kata Hendi di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (25/10).

Fokus utama yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang yakni dengan merevitalisasi lima sungai yang ada di sana, juga termasuk revitalisasi Banjir Kanal Timur, dan pembangunan tanggul laut yang akan segera berjalan.

Baca Lainnya : Supermoon Timbulkan Banjir Rob, Ini Penjelasan BMKG

Menurutnya, jika wilayah Semarang bagian timur sudah selesai ditangani, maka fokus pemerintah Kota Semarang akan bergeser lagi untuk menangani permasalahan yang sama di daerah Mangkang, Kota Semarang.

"Sehingga melihat sejumlah progres yang berjalan, saya rasa tahun depan kita tidak perlu bersiap-siap membeli pelampung karena khawatir Semarang akan tenggelam. Hari ini kami optimis jika wilayah rawan banjir di Kota Semarang dapat kita tuntaskan," tutup sang Walikota. [NN/SN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: