Inovasi Balitbang, Menanam Benih di Ladang Kini Bisa Sangat Cepat

TrubusNews
Syahroni
25 Okt 2018   11:00 WIB

Komentar
Inovasi Balitbang, Menanam Benih di Ladang Kini Bisa Sangat Cepat

Alatn tanam biji-bijian inovasi Balitbang. (Foto : Doc/ Balitbang)

Trubus.id -- Menanam benih merupakan salah satu kegiatan budidaya palawija yang penting dan sampai saat ini masih banyak dikerjakan secara tradisional dengan menggunakan peralatan seadanya seperti tunggul kayu.

Namun belakangan, metode penanaman secara tradisional ini sudah mulai ditinggalkan. Kemajuan teknologi serta inovasi yang dilakukan Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertanian pun sudah cukup banyak menciptakan inovasi di bidang ini.

Salah satu inovasi karya Joko Pitoyo, Harjono dan Novi Sulistyosari dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian ini contohnya. Mesin tanam biji-bijian yang diberi nama GS-JPFL/01, ini cukup membantu petani dalam hal menanam biji-bijian.

Mesin ini bisa bekerja membantu petani dalam kegiatan menugal, menjatuhkan benih dan menutup benih di tanah sekaligus. Keunggulan lain dari alat tanam biji-bijian ini antara lain dapat digandengkan pada traktor roda dua maupun roda empat. Selain itu, alat ini juga ringan dan kompak.

Tak hanya itu, alat ini juga sudah menggunakan lengan ayun fleksibel (Swingarm Flexible) sehingga mampu menyesuaikan dengan kontur tanah. Masalah pengaturan jarak tanam antar alur maupun jumlah alur penanaman juga sudah bisa dilakukan alat ini.

Alat ini sendiri memiliki kapasitas kerja penamanan 2,5 jam perhektare lebih cepat dibandingkan tenaga manusia. Kondisi ini bisa lebih ditingkatkan lagi jika alat ini ditarik dengan traktor roda 2 menggunakan alat tanam tiga alur. Dengan penambahan ini, kapasitas kerja mesin terdongkrak menjadi 4 jam per hektare. Hebat bukan. [RN]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Aula SMKN 1 Sragen Ambruk Usai Diterjang Sragen

Peristiwa   20 Nov 2019 - 19:21 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: