Terkait Impor Beras, Rizal Ramli: Emang Pejabatnya Saja yang Doyan Impor 

TrubusNews
Isna Setyanova
24 Okt 2018   09:45 WIB

Komentar
Terkait Impor Beras, Rizal Ramli: Emang Pejabatnya Saja yang Doyan Impor 

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mendampingi Jokowi melihat gudang persediaan beras (Foto : Humas Kementerian Pertanian)

Trubus.id -- Polemik impor beras terus menguak sejumlah fakta baru. Data terbaru BPS menyebutkan produksi beras Indonesia selama 2018 surplus 2,80 juta ton. 

Data BPS tersebut ternyata sama dengan hasil hitungan ahli ekonomi Universitas Indonesia, Rizal Ramli. Ditemui dalam diskusi mengenai impor pangan, Selasa (23/10) kemarin, Rizal Ramli menegaskan impor beras yang dilakukan tahun ini didasari atas kelangkaan beras yang dibuat-buat. 

“Sebab, dalam kenyataannya, beras dalam keadaan cukup. Kalau kelangkaan yang benar, itu baru kita boleh impor. Tapi, ini direkayasa. Kebutuhan impornya ini karena emang pejabat doyan banget impor," tegasnya.

Baca Lainnya: Buwas vs Enggar Soal Impor Beras, Moeldoko Dukung Siapa?

Rizal menambahkan impor beras mengorbankan petani. Keuntungan yang seharusnya diperoleh saat panen, menjadi melayang. Ini karena harga beras anjlok akibat membanjirnya beras impor di pasar.

“Kebijakan impor di waktu panen ini sadis sekali. Petani pada mau panen ada impor, akhirnya pada nangis semua. Jadi, kalau saya sebut itu sebagai adiktif impor atau kecanduan impor," pungkasnya.

Baca Lainnya: Gara-gara Impor Beras, Presiden Jokowi Panggil Buwas dan Enggar

Data BPS mengungkap potensi luas panen tahun 2018 mencapai 10,9 juta hektar, produksi 56,54 juta ton gabah kering giling atau setara 32,42 juta ton beras dan konsumsi sebesar 29,50 juta ton [SN].

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: