Pertama dalam Sejarah, Indonesia Merajai Ekspor Perikanan di ASEAN

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
24 Okt 2018   08:10

Komentar
Pertama dalam Sejarah, Indonesia Merajai Ekspor Perikanan di ASEAN

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menampik anggapan orang terkait ekspor perikanan menurun. Menurutnya, tidak semua komoditas diekspor dalam bentuk ikan utuh atau gelondongan, melainkan dalam bentuk olahan makanan siap saji.

"Ekspor ikan banyak yang sudah diolah. Kalau dilihat dari kode HS untuk ikan gelondongan, tentu tidak terlihat tetapi kalau dari produk lain seperti bakso, nugget, surimi, ada kenaikan," kata dia.

Neraca perdagangan hasil perikanan selama empat tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) berhasil menjadi yang pertama di Asean. Prestasi ini adalah kali pertamanya yang berhasil diraih pemerintah. Peningkatan neraca perdagangan mengalahkan Thaiand dan Vietnam, dipicu bertambahnya ekspor sebagai dampak dari penangkapan ilegal.

"Selama empat tahun Pemerintahan Jokowi-JK, pemerintah sangat berkomitmen mewujudkan perikanan tangkap berdaulat melalui kebijakan pemberantasan penangkapan ikan ilegal (illegal, unreported, and unregulated/IUU Fishing)," jelas Susi Pudjiastuti di kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (23/10).

Baca Lainnya :

Penangkapan Kapal Ikan Ilegal jadi Kunci Indonesia Menguasai Neraca Perdagangan Perikanan Asean

Susi Pudjiastuti: 4 Tahun Terakhir Volume Ekspor Perikanan Indonesia Naik

Mengutip laporan kinerja 4 tahun sektor kelautan dan perikanan yang dipublikasikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pada semester pertama 2015 neraca perdagangan hasil perikanan sebesar US$ 1,82 miliar, pada semester pertama 2018 meningkat menjadi US$ 2,05 miliar. Neraca perdagangan tahunan juga mencatat peningkatan, yakni dari US$ 3,61 miliar pada 2015 menjadi US$ 4,09 miliar pada 2017 [RN/SN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: