Meski Hujan Sudah Mulai Turun, Status Siaga Kekeringan di Cianjur Belum Dicabut

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
23 Okt 2018   18:30

Komentar
Meski Hujan Sudah Mulai Turun, Status Siaga Kekeringan di Cianjur Belum Dicabut

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, belum mencabut status siaga kekeringan meskipun di sebagian daerah di wilayah tersebut sudah turun hujan.

Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Dodi Permadi mengatakan, penetapan status siaga kekeringan masih diberlakukan berdasarkan ketetapan dari BMKG sampai 31 Oktober mendatang.

Baca Lainnya : Status Siaga Bencana Sudah Dicabut, Tapi Longsor Masih Berpotensi Terjadi di Cianjur

"Ketetapan siaga kemarau ini berdasarkan penetapan BMKG, meskipun di beberapa wilayah Cianjur sudah merasakan hujan, tetapi belum merata. Baru beberapa wilayah dengan intensitas sedang," katanya di Kota Cianjur, Selasa (23/10).

Hingga pekan ini, tutur dia, pihaknya masih menerima permintaan air bersih dari beberapa daerah yang terdampak kekeringan khususnya wilayah selatan Kabupaten Cianjur.

Meskipun hujan belum merata, pihaknya tetap mewaspadai peralihan musim tahun ini seperti mewaspadai meluapnya aliran Sungai Cianjur yang beberapa waktu lalu pernah terjadi.

Baca Lainnya : Terjadi Pergeseran Tanah, Ribuan Warga Cianjur Diungsikan

"Kami akan turun ke hulu Sungai Cianjur, untuk memastikan debit airnya, apakah normal atau tidak ketika masuk musim hujan agar tidak terjadi banjir bandang," katanya.

Menjelang berakhirnya musim kemarau, tambah dia, BPBD Cianjur tetap mewaspadai beberapa wilayah yang rawan akan pergerakan tanah, longsor dan bencana alam lainnya.

"Wilayah yang harus mewaspadai pergerakan tanah seperti di Kecamatan Sukaresmi, Cipanas, Pacet, Campaka dan beberapa wilayah yang ada di Cianjur selatan," katanya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: