Meski Aktivitasnya Menurun, Pendakian ke Gunung Gamalama Tetap Ditutup

TrubusNews
Astri Sofyanti
22 Okt 2018   20:00 WIB

Komentar
Meski Aktivitasnya Menurun, Pendakian ke Gunung Gamalama Tetap Ditutup

Gunung Gamalama. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Aktivitas vulkanik Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara terus menurun. Namun sampai saat ini, status Gunung Gamalama masih berada di level II (waspada). Karena itu, aktivitas pendakian di Gunung Gamalama juga masih ditutup sampai batas waktu yang belum bisa dipastikan.

“Walau aktivitas sudah menurun, masyarakat dan wisatawan masih dilarang mendekati Gunung Gamalama dalam radius 1,5 kilometer,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ternate, Hasyim Yusuf di Ternate, Senin (22/10).

Baca Lainnya : Gunung Gamalama Erupsi, Diawali dengan 8 Gempa Vulkanik

Lebih lanjut dikatakan, Hasyim, wisatawan dan masyarakat diharapkan mematuhi larangan mendaki di Gunung Gamalama tersebut. Terlebih saat ini, potensi hujan deras di Ternate cukup tinggi, sehingga kegiatan pendakian di Gunung Gamalama masih ditutup karena dikhawatirkan bisa memicu banjir lahar dingin dari lereng gunung.

Baca Lainnya : Warga Ternate Terancam Banjir Lahar Dingin Gunung Gamalama

Sementara itu, seorang pemandu wisata di Ternate, Haidir memastikan wisatawan tidak akan berani melanggar larangan untuk mendaki di Gunung Gamalama, karena masalah keselamatan justru menjadi sesuatu yang sangat utama bagi wisatawan itu sendiri.

Gunung dengan tinggi 1.700 meter dari permukaan laut (mdpl) ini, diketahui pada awal Oktober lalu menunjukkan peningkatan aktivitas vulkaniknya. Gunung Gamalama kala itu sempat mengalami erupsi dan menyemburkan abu vulkaniknya. Karena keindahannya, banyak wisatawan tertarik mendaki di Gunung Gamalama karena letaknya berada di dekat kota Ternate mudah di jangkau. [RN]

 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: